Astaga! Smartphone OnePlus Ketahuan Kumpulkan Informasi Pengguna

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 11 57 1793068 astaga-smartphone-oneplus-ketahuan-kumpulkan-informasi-pengguna-97lZJ04Km2.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Produsen smartphone asal China, OnePlus, ketahuan mengumpulkan data informasi pribadi penggunanya. Hal ini ditemukan pada perangkat OnePlus 2 yang dirilis pada Juli 2015 lalu.

Masalah itu ditemukan oleh seorang peneliti keamanan bernama Christopher Moore. Sebagaimana dilansir dari Phone Arena, Kamis (12/10/2017), OnePlus 2 diketahui mengirimkan data ke domain HTTPS yang dimiliki OnePlus.

Setelah menganalisis, Moore mengatakan bahwa OnePlus mengirimkan data tersebut ke open.oneplus.net.domain. Ia mempelajari bahwa data tersebut berisi informasi mengenai layar, pembukaan kunci ponsel, anomali reboot, dan nomor seri.

Baca juga: Aplikasi Hangouts Akan Hilang dari Smartphone Ini, Bagaimana Bisa?

Tak hanya itu, OnePlus 2 turut mengirimkan informasi lainnya seperti IMPEI, nomor telefon, MAC address, nama jaringan selular, IMSI prefixes, serta jaringan nirkabel ESSID dan BSSID.

Selain itu, Moor juga menemukan bahwa OxygenOS, antarmuka yang dipakai OnePlus, mengumpulkan informasi waktu saat pengguna membuka dan menutup sebuah aplikasi.

Hal itu dilakukan oleh dua aplikasi yang terdapat pada sistem OnePlus 2. Dua aplikasi tersebut di antaranya OnePlus Device Manager dan OnePlus Device Manager Provider.

Baca juga: Duh! Pengguna Keluhkan Notifikasi Iklan di Ponsel OnePlus

Meski demikian seseorang telah menemukan agar OnePlus tak mengirimkan informasi penggunanya. Untukmenonaktifkan aplikasi secara permanen, Anda harus menggunakan perintah adb berikut: pm uninstall -k --user 0 pkg.

Sementara itu pihak OnePlus masih belum memberikan tanggapan mengenai temuan Moore tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini