Duh! Sosok Virtualnya Dikecam, Mark Zuckerberg Minta Maaf

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 207 1793845 duh-sosok-virtualnya-dikecam-mark-zuckerberg-minta-maaf-QTbawKwpZ4.jpg (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu Mark Zuckerberg memamerkan demo virtual reality yang membawanya ke Puerto Rico. Kehadiran Mark di negara tersebut adalah sebagai pemulihan jaringan internet dan juga membantu memberi donasi.

Meski demikian cara tersebut mendapatkan kecaman dari netizen di Facebook. Hal ini bisa terlihat dalam unggahannya.

"Akan lebih efektif jika kita bisa melihat wajah aslimu. Sangat mengganggu jika menggunakan virtual reality untuk melaporkan bencana yang sesungguhnya," ungkap Mariana Mangiarelli Rippo.

Baca juga: CEO Facebook Mark Zuckerberg Jalan-Jalan ke Puerto Rico, Tapi...

"Mark Zuckerberg Salah satu fitur paling kuat dari kehidupan nyata adalah mengambil tindakan dan membantu orang-orang yang terkena kemiskinan atau bencana atau nasib buruk lainnya, tidak bermain dengan sesuatu yang membantu orang untuk lebih jauh menjauhkan diri dari dunia nyata," ungkap Tomislav Kencek.

Atas kecaman itu, Mark kemudian memberikan pernyataan yang mengatakan bahwa ia mencoba membangun empati dengan virtual reality (VR). Ia menyadari ada pihak-pihak yang tak suka dengan cara tersebut. Oleh karena itu ia pun meminta maaf.

"Salah satu fitur VR yang paling kuat adalah empati. Tujuan saya di sini adalah untuk menunjukkan bagaimana VR dapat meningkatkan kesadaran dan membantu kita melihat apa yang terjadi di berbagai belahan dunia," tulis Mark.

Baca juga: Pencipta Tombol Like Hapus Aplikasi Facebook dari Ponselnya, Kenapa?

"Saya juga ingin berbagi kabar tentang kemitraan kami dengan Palang Merah untuk membantu pemulihan. Membaca beberapa komentar, saya menyadari ini tidak jelas, dan saya minta maaf kepada siapapun yang merasa tersinggung ini," imbuhnya. ​

Meski demikian tak sedikit pula netizen yang mengucapkan rasa terima kasihnya karena dukungan dan bantuan dari Mark.

"Terima kasih atas responsnya Mark Zuckerberg dan terima kasih telah memerhatikan orang-orang di Puerto Rico. Kamu melakukan pekerjaan yang luar biasa. Aku sangat bersyukur ada orang sepertimu," tulis Brenda Maldonado.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini