Layanan Facebook dan Instagram Sempat Lumpuh, Kenapa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 207 1793850 layanan-facebook-dan-instagram-sempat-lumpuh-kenapa-nTQsGjDNqs.jpg (Foto: CNBC)

JAKARTA - Sejumlah pengguna Facebook dan Instagram mengalami gangguan pada 11 Oktober 2017, pagi waktu Amerika Serikat. Kejadian ini diketahui oleh Down Detector dan sejumlah keluhan pengguna di Twitter.

Pengguna Instagram dan Facebook mengeluhkan bahwa mereka tak bisa mengakses media sosial tersebut. Menurut laporan The Verge, Kamis (12/10/2017), wilayah yang mengalami gangguan terparah ialah Amerika bagian barat, pantai timur dan Amerika Utara.

Tak hanya itu, beberapa kawasan Eropa, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara juga mengalami masalah serupa. Sejumlah pengguna Facebook yang mengalami gangguan mengungkapkan, mereka tak bisa mengakses situs tersebut. Beberapa dari mereka juga melaporkan situs tak berfungsi dengan baik.

Baca juga: Kepala Keamanan Facebook: Berita Hoax Jauh Lebih Berbahaya dari Perkiraan!

Fitur yang terhubung dengan streaming musik Spotify melalui Facebook juga mengalami kelumpuhan untuk sebagian pengguna.

Menurut laporan situs Down Detector, terdapat 12.000 laporan yang mengatakan bahwa layanan Facebook mengalami masalah.

Instagram, anak perusahaan Facebook, tercatat mendapatkan 2.500 laporan. Pengguna Instagram mengeluhkan layanan berbagi video dan foto itu tak bisa memuat unggahan. Foto tak bisa diunggah, dan halaman utama tak bisa di-refresh.

Baca juga: Hebat! Facebook Uji Fitur Khusus untuk Tangkal Hoax

Facebook kemudian mengonfirmasi bahwa layanannya memang bermasalah. Menurutnya hal ini diakibatkan oleh kesalahan dalam jaringan. Facebook juga mengatakan bahwa pihaknya sedang memulihkan layanan dan meminta maaf kepada pengguna.

"Pagi ini, sebuah masalah jaringan menyebabkan beberapa orang mengalami masalah dalam mengakses layanan Facebook," ungkapnya.

"Kami dengan cepat menyelidiki dan mulai memulihkan akses dalam waktu sekitar satu jam, dan kami hampir memperbaiki masalah ini untuk semua orang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," demikian pernyataan Facebook.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini