Wah... Video di Aplikasi YouTube Akan Diputar Secara Otomatis

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 207 1794081 wah-video-di-aplikasi-youtube-akan-diputar-secara-otomatis-Vms5rUoFgi.jpg (Foto: Gadget NDTV)

JAKARTA - Google terus mengembangkan beragam fitur di aplikasi YouTube. Baru-baru ini perusahaan yang berbasis di Mountain View, California ini sedang menguji coba pengalaman baru.

Google menguji coba video di halaman utama aplikasi Youtube dapat diputar secara otomatis. Video tersebut akan tayang tanpa suara alias dalam mode senyap.

Alih-alih suara, Youtube akan menampilkan subtitle agar pengguna bisa mengetahui apa yang ada dalam tayangan tersebut. Video itu akan otomatis diputarkan sejak hitungan awal, sehingga fitur ini berbeda dari video highlight.

Baca juga: Mantap! YouTube Larang Video Modifikasi Senjata

Dikutip dari Android Central, Jumat (13/10/2017), fitur penayangan ini akan bekerja saat pengguna melihat video pertama yang dilihat. Video tersebut akan berhenti diputar ketika pengguna menggeser ke bagian video terbawah.

Tambahan subtitle sendiri memang sengaja digunakan Youtube untuk menggantikan fungsi suara yang bisa dianggap mengganggu bagi pengguna. Kehadiran subtitle dalam video akan menjelaskan cerita atau apa yang dibahas dalam video tersebut.

Meski demikian, fitur tayangan otomatis ini tak sepenuhnya dibebankan kepada pengguna. Sebab, Youtube juga menyediakan cara untuk menonaktifkannya. Caranya, buka Akun, masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih bagian Umum dan pilih Putar. Fitur ini telah diatur secara default sehingga pengguna perlu melakukan cara di atas jika tak menyukainya.

Pengguna juga diberikan pilihan apakah fitur tersebut hanya bekerja saat mereka tersambung dengan koneksi wifi. Belum ada informasi kapan fitur tersebut akan diresmikan Google di Youtube.

Baca juga: Akhirnya! YouTube Versi Mobile Tampilkan Opsi Kecepatan Putar Video

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini