Nih! Kata Operator soal Kewajiban Registrasi Pelanggan Prabayar

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 14:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 54 1793997 nih-kata-operator-soal-kewajiban-registrasi-pelanggan-prabayar-F7dc0HUa3f.jpg (Foto: Tech Times)

JAKARTA - Mayoritas operator selular di Indonesia menyambut baik Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang mewajibkan pelanggan kartu SIM prabayar melakukan registrasi.

Sebelumnya Menteri Kominfo mengumumkan bahwa aturan tersebut akan mulai diberlakukan pada 31 Oktober 2017 dan memberikan waktu kepada operator untuk melakukan validasi ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pada 28 Februari 2018.

XL Axiata mengatakan menyambut baik kebijakan tersebut. Menurut operator bernuansa biru itu, kebijakan itu dapat membantunya melakukan verifikasi pelanggan. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan.

Baca juga: 31 Oktober, Beli SIM Card Baru Harus Daftar Pakai NIK

"Kami akan mendukung kesuksesan program ini dan beberapa program edukasi baik ke pelanggan maupun kepada mitra retailer XL Axiata. Jika pelanggan merasakan aman dan nyaman, tentunya akan selaras dengan bisnis," kata GM Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih kepada Okezone, Kamis (12/10/2017).

Senada dengan XL, operator bernuansa kuning, Indosat Ooredoo, juga menyambut baik kebijakan tersebut. Menurut Group Head Corporate Communcation Indosat Ooredoo, Deva Rachman, mengaku kerja sama yang dilakukan dengan Dukcapil membantu Indosat untuk memverifikasi pelanggan.

Selain itu Deva juga mengatakan bahwa kebijakan ini dapat mengurangi penyalahgunaan nomor telefon dari tindakan kriminal dan tidak bertanggung jawab lainnya.

"Kami melihat ini langkah yang baik dan sangat membantu kami dalam validasi pelanggan. Selama ini kami hanya tahu dari nomornya saja. Setelah adanya kerja sama dengan Dukcapil kami bisa tahu kebenaran data pelanggan kami," ungkapnya.

Baca juga: Nih! Cara Registrasi Kartu Prabayar Terbaru

Sementara itu operator Hutchison Tri Indonesia mengatakan bahwa regulasi tersebut dapat memberikan perlindungan bagi konsumen. Sebab, seperti yang diungkap Indosat Ooredoo, hal ini dapat menangkal penyalahgunaan data pelanggan untuk tindakan kriminal, terorisme dan lainnya.

"Kami mendukung regulasi registrasi prabayar dengan validasi database Dukcapil yang akan dijalankan mulai 3- okt 2017 karena regulasi ini tujuannya untuk memberikan perlindungan konsumen," ungkap Arum K. Prasodjo, Corporate Communication and Marketing Hutchison Tri Indonesia.

Sementara itu kami juga telah mencoba menguhubungi pihak Smartfren dan Telkomsel untuk meminta tanggapannya. Sayangnya hingga berita ini dimuat, keduanya masih belum memberikan jawaban.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini