Laut Purba Mars Jadi Petunjuk Kehidupan Awal Bumi, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 15:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 56 1794079 laut-purba-mars-jadi-petunjuk-kehidupan-awal-bumi-benarkah-sbW0Hh5MjC.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA – Planet Mars dikenal sebagai planet yang tandus dan kering. Keadaannya yang seperti itu menyebabkan klaim kemungkinan tak ada kehidupan di Planet Mars muncul.

Namun rupanya miliaran tahun lalu Planet Mars memiliki kondisi alam yang serupa dengan Bumi,  yang dipercaya menjadi petunjuk asal usul kehidupan di Bumi.

Pesawat ruang angkasa Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA telah menyusuri planet Mars sejak Maret 206. Berkat pesawat MRO tersebut ditemukan deposit hidrotermal berukuran besar yang diduga merupakan laut purba.

Deposit hidrotermal itu ditemukan di Eridania, yakni sebuah wilayah di Mars bagian selatan yang dipenuhi oleh laut dengan daya tampung sekira 50.000 mil kubik atau sekira 210.000 km kubik air. Deposit yang terkait dengan aktivitas hidrotermal dasar laut itu diperkirakan berusia sekira 3,7 miliar tahun.

Peneliti menggunakan data dari MRO Compact Reconnaissance Spectrometer untuk instrumen Mars dalam mengidentifikasi mineral pada deposit tersebut.

“Campuran mineral yang diidentifikasi dari Spectrometer termasuk serpentin, talek dan karbonat, dan bentuk dan tekstur lapisan batuan dasar yang tebal, menyebabkan pengidentifikasian deposit hidrotermal dasar laut yang mungkin terjadi,” kata NASA dalam situs resminya.

Bukti ini menunjukkan bahwa ini adalah area kerak Mars dengan kerentanan vulkanik yang juga bisa menghasilkan efek lebih awal, saat lautan hadir. "Deposito hidrotermal dalam air tua di cekungan Eridania mewakili kategori baru target astrobiologis di Mars," kata peneliti.

Peneliti menjelaskan, deposit dasar laut Eridania tidak hanya menarik bagi eksplorasi Mars, namun juga merupakan jendela ke awal Bumi. Itu karena bukti awal kehidupan di Bumi berasal dari endapan dasar laut dengan asal dan usia yang sama.

Kombinasi gunung berapi dan laut yang menyebabkan hidrotermal di Bumi dalam waktu yang sama adalah kandidat yang mungkin untuk menunjukkan bagaimana kehidupan awal di Bumi. Namun karena Bumi memiliki kerak aktif yang berubah seiring waktu, setiap bukti geologi dari miliaran tahun lalu kini menghilang. Temuan laut purba di Mars ini menjadi petunjuk kehidupwan awal Bumi, menggantikan bukti yang hilang itu.

"Situs ini memberi kita cerita yang menarik untuk laut yang dalam (laut purba), berumur panjang dan lingkungan hidrotermal dalam laut," kata Paul Niles dari NASA Space Center, Houston.

Lebih lanjut Paul mengatakan, ini menggugah lingkungan hidrotermal laut dalam di Bumi, mirip dengan lingkungan di mana kehidupan dapat ditemukan. "Kehidupan yang tidak memerlukan atmosfer atau permukaan yang indah, tapi hanya batu, panas dan air," ujarnya. Demikian seperti dilansir IB Times, Kamis (12/10/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini