Wih! Ada Cincin di Planet Kerdil Haumea

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 03:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 56 1794329 wih-ada-cincin-di-planet-kerdil-haumea-d5B8iGGhkd.jpg (Foto: IAA CSIC)

JAKARTA- Berkat teleskop yang mempu mendeteksi exoplanet, beberapa penemuan menakjubkan atau cenderung aneh bisa ditemukan di sistem tata surya ini, salah satunya planet kerdil Haumea.

Para astronom telah menemukan sebuah cincin partikel yang mengelilingi dunia Haumea, planet kerdil yang berbentuk seperti telur tergencet.

Haumea merupakan satu dari lima planet kerdil yang diakui secara resmi, dan yang lainnya seperti Ceres, Eris, Makemake, dan Pluto tetal ada di sana.

Dikutip dari BGR, Jumat (13/10/2017), seiring dengan bentuk telur dan rotasi yang cepat, ia membedakan dirinya dengan sepasang bulan dan tentu saja cincin puing yang baru ditemukan itu.

Cincin di sekitar planet seperti Saturnus, Uranus, dan Neptunus dipelajari dengan baik, dan untuk sebagian besar dipahami. Akan tetapi, planet kerdil menyumbar cincinya sendiri tentu sangat aneh.

Menariknya, banyak keanehan yang membuat Haumea seperti sebuah planet kerdil aneh yang mungkin terkait. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa planet kerdi mengalami tabrakan dengan benda lain di Kuiper Belt.

Dampaknya, sangat mungkin tidak hanya menyebabkan kurcaci berputar liar, mengirimkan puing ke orbitnya. Puing-puing itu bisa jadi material akhirnya membentuk bulannya, dengan sisa debu jatuh ke orbit dan menciptakan cincinnya.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini