Luar Biasa! Mesin Roket Terkuat NASA Siap Meluncur di 2019

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017 00:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 56 1794394 luar-biasa-mesin-roket-terkuat-nasa-siap-meluncur-di-2019-oxFTWYwGhj.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA – NASA telah mengumumkan bahwa keempat mesin untuk Space Launch System (SLS) siap dipasang ke core stage NASA juga menyatakan lima komponen yang membentuk core stage dari kendaraan peluncur terbesar dan terkuat yang pernah dibangun pun telah siap.

Keempat mesin akan dirakit untuk pengujian “green-run” yang merupakan uji akhir mesin dan keseluruhan inti sebelum akhirnya lepas landas pada 2019.

Core stage terdiri dari lima segmen yakni bagian mesin yang akan menampung empat mesin RS-25, tangki hidrogen cair, intertank yang menghubungkan keduanya, dan tepi yang mampu menampung sistem komputer avionik dan penerbangan.

Mesin itu dapat menghasilkan daya dorong lebih dari dua juta pound dan hidrogen cair serta tangki oksigen cair yang memiliki kapasitas total lebih dari 2,7 juta liter, yang cukup untuk mengisi 63 truk tangki besar.

“Ptioritas NASA adalah menghadirkan hardware untuk penerbangan pertama dari Space Launch System dan pesawat ruang angkasa Orion," kata John Honeycutt, manajer program SLS di Pusat Penerbangan Luar Angkasa NASA.

“Tim SLS telah membangun bagian utama roket, seperti stage di ruang angkasa, yang sudah ada di NASA Space Center NASA di Florida, empat mesin RS-25, struktur core stage, dan segmen booster solid rocket,” terangnya.

Mesin RS-25 sebelumnya digunakan di pesawat luar angkasa NASA dan memiliki masa pakai yang panjang serta diandalkan. Mesin itu sejauh ini telah membantu NASA melangsungkan 135 misi.

Kini mesin RS-25 telah ditingkatkan untuk tugas SLS dan akan digunakan pada "Exploration Mission-1", yakni penerbangan tanpa awak pertama SLS pada 2019.

Mesin RS-25 sendiri berjumlah total 16 mesin yang tersedia di NASA. Sementara dua diantaranya digunakan sebagai penguji workhorse untuk pengendali, yang menampung semua komputer avionik dan penerbangan.

Core stage mesin itu dijelaskan NASA akan setinggi bangunan bertingkat 20. Tangki besar yang akan menampung oksigen cair dan hidrogen pun belum lama ini telah diuji.

“Untuk membuat tangki propellant besar ini, NASA dan mitra industri kami Boeing telah menggunakan alat pengelasan roket robot terbesar untuk membangun lembaran paling tebal yang pernah dilas dengan pengelasan gesekan penguat yang bereaksi sendiri,” kata Steve Doering, manajer SLS di Marshall.

Tangki itu diuji dengan diisi lebih dari 750.000 liter air.

"Roket ini sudah ada sekarang. Tim Space Launch System telah membuat kemajuan besar dan memiliki tahun yang menyenangkan di masa depan karena NASA melakukan tes struktural penting di Marshall, merakit core stage dan empat mesin RS-25 di Michoud serta memberikan lebih banyak hardware ke landasan peluncuran di Kennedy,” kata Honeycutt menyambut pencapaiannya bersama tim. Demikian seperti dilansir IB Times, Jumat (13/10/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini