OKEZONE INNOVATION: Menengok Perkembangan Komputer Tablet, Nih Kisahnya!

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 12:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 207 1794618 okezone-innovation-menengok-perkembangan-komputer-tablet-nih-kisahnya-8pWNx73d4T.jpg (Foto: Cnet)

JAKARTA - Beberapa tahun lalu, komputer tablet menjadi salah satu teknologi yang cukup canggih. Namun, keberadaan komputer tablet sejatinya sudah ada sebelum iPad menjadi booming beberapa tahun lalu.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (13/10/2017), ide pertama mengenai tablet pc datang dari seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay. Pada 1972, konsepnya mengenai table pc itu dinamakan Dynabook.

Ia menjelaskan bahwa perangkat itu merupakan perangkat komputer personal yang cocok untuk anak-anak dan mempunyai komponen hardware yang lengkap seperti layar, prosesor, dan memori penyimpanan.

Pada saat itu, Alan Kay membayangkan Dynabook memiliki berat kurang dari 1 kg, dan memiliki kecerahan sekira 1 juta piksel dan mempunyai tenaga sendiri serta stylus atau pen.

Ide yang dimiliki oleh Alan Kay soal tablet pc terbilang menarik mengingat ditahun itu laptop dan komputer rumahan masih merupakan hal baru dan lapton belum diciptakan.

Di penghujung tahun 1980-an, idenya menjadi nyata dengan munculnya komputer tablet pertama di dunia bernama GridPad. Perangkat ini merupakan tablet PC pertama yang dijual secara massal oleh Grid System, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Silicon Valley, Amerika.

Namun, pada masa kejayaan tablet PC sempat tergerus dengan munculnya PDA di kalangan masyarakat. Penggunaan PDA kian populer di era 1996 saat muncul perangkat Palm yang dibuat Jeff Hawkin.

Apple, Microsoft, dan Palm bersaing ketat saat itu. Di 1990-an, PDA menjamur dan menjadi tren gaya hidup masyarakat, menggesar popularitas tablet PC.

Namun, Founder Microsoft Bill Gates dengan yakin mengatakan bahwa tablet pc akan menjadi sangat populer di masa depan.

Kembalinya Era Tablet PC

Ramalan Bill Gates soal masa depan tablet PC tampaknya menjadi nyata. Pada 2010, ide Alan Kay kemudian menjadi kenyataan setelah Steve Jobs, founder Apple Computer memperkenalkan iPad.

iPad merupakan tablet dengan teknologi layar sentuh yang memiliki bentuk ramping, ringan, dan daya baterai yang cukup. Munculnya iPad inilah membuat tren tablet pc kembali. Kesuksesan Apple dengan produk iPad membuat para vendor berlomba-lomba membuat perangkat seperti iPad.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini