Duh! Samsung Ditinggal CEO Kwon Oh-Hyun, Ada Apa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 207 1794731 duh-samsung-ditinggal-ceo-kwon-oh-hyun-ada-apa-8203-ZCQSLBYorA.jpg (Foto: CNet)

JAKARTA - Vice Chairman dan CEO Samsung Electronics, Kwon Oh-Hyun mengumumkan pengunduran dirinya. Ia akan menanggalkan jabatannya sebagai pemimpin perusahaan asal Korea Selatan tersebut pada 2018.

"Ini adalah sesuatu yang telah saya pikirkan lama dan sulit untuk (memutuskan dalam) beberapa lama, ini bukan keputusan yang mudah, tapi saya merasa tidak dapat lagi menundanya," ungkap Kwon melalui surat kepada karyawannya dikutip dari The Verge, Jumat (13/10/2017).

"Karena kami menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya di dalam, saya percaya bahwa saat ini telah tiba bagi perusahaan untuk memulai lagi, dengan semangat baru dan kepemimpinan muda untuk merespons tantangan yang timbul dari industri TI dengan cepat berubah," lanjutnya dalam surat tersebut.

Baca juga: Manakah Smartphone Terlaris pada 2017, Nih Daftarnya!

Krisis yang disebut oleh Kwon tak diragukan lagi merujuk pada kasus korupsi yang dihadapi pemimpim de facto perusahaan, Lee Jae-Yong. Meski Lee tak banyak menyambil peran dalam bisnis, namun pengunduran diri Kwon mengindikasikan bahwa kasus dirinya berdampak besar bagi perusahaan.

Meski demikian Kwon tetap merasa bangga dengan pencapaian Samsung selama ini. Ia pun mengatakan bahwa saat ini Samsung membutuhkan pemimpin baru yang akan menggantikan dirinya. Sementara itu ia tak mengatakan karier selanjutnya.

"Tapi sekarang perusahaan membutuhkan pemimpin baru lebih dari sebelumnya dan sekarang saatnya saya pindah ke bab berikutnya dalam hidup saya," imbuh Kwon.

Baca juga: Astaga! Ledakan Smartphone di Indonesia Jadi Perhatian Mancanegara

Kwon (64) telah menjadi CEO Samsung Electronics sejak 2012 dan dinobatkan sebagai CEO Samsung Display pada tahun 2016. Ia bergabung dengan perusahaan tersebut pada tahun 1985, kemudian memimpin bisnis semikonduktor.

Meski Kwon telah memiliki dua wakilnya BK Yoon dan JK Shin, namun Samsung belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan Kwon.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini