Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jack Ma: Manusia Akan Selalu Unggul Ketimbang Robot

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 207 1794810 jack-ma-manusia-akan-selalu-unggul-ketimbang-robot-CnVR1ODHno.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Teknologi yang semakin menggerus dan merasuk ke berbagai sektor industri. Hadirnya teknologi dinilai mampu membuat industri lebih efektif dan efisien dalam mengalokasikan biaya perusahaan.

Meski memang kehadiran teknologi robot sangat membantu kemudahan hidup manusia, timbul kekhawatiran bahwa robot akan mengambil peran manusia bahkan menggantikannya. Alhasil jika kekhawatiran itu terjadi, banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh robot, dan kesempatan manusia untuk berkarier menipis.

Namun menurut Jack Ma, sang pendiri Alibaba, manusia tidak perlu khawatir bahwa robot akan mengambil pekerjaan manusia.

Sebuah makalah yang diterbitkan pada Maret oleh nirlaba US National Bureau of Economic Research menyatakan bahwa pekerjaan dan upah di industri yang menggunakan robot akan jatuh antara tahun 1990 dan 2007. Elon Musk bahkan berpendapat bahwa suatu hari nanti robot menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup manusia.

Disisi lain, Jack Ma secara optimis menyatakan bahwa manusia memiliki beberapa nilai rahasia tersendiri yang akan membuatnya tetap memiliki peran. Hal ini disampaikan Jack Ma kepada audiens di Konferensi Komputasi Alibaba Cloud di Hangzhou, China.

“Orang akan selalu mengungguli mesin karena orang memiliki kebijaksanaan,” katanya dikutip South China Morning Post.

Ia mencontohkan proyek machine learning AlphaGo DeepMind yang mengalahkan pemain Go terbaik di tahun lalu. “AlphaGo? Memang Kenapa? AlphaGo seharusnya bersaing melawan AlphaGo 2.0, bukan kita," katanya.

"Tidak perlu kecewa karena kita kalah, ini menunjukkan bahwa kita cerdas, karena kita menciptakannya," tegasnya.

Sementara itu, Jack Ma berpikir bahwa teknologi yang akan memperluas kesenjangan antara si kaya dan si miskin atau menggantikan pekerjaan manusia adalah kehawatiran semata. Dilansir The Register, Jumat (13/10/2017), menurutnya Jack Ma, manusia yang mempercayai hal itu adalah mereka yang tidak percaya diri.

"Teknologi ada untuk manusia, kita khawatir dengan teknologi karena kita kurang percaya diri, dan imajinasi untuk masa depan," pungkasnya. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini