Peneliti Temukan Ribuan Anak Penguin Kelaparan di Antartika, Kok Bisa?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 14 Oktober 2017, 00:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 56 1795203 peneliti-temukan-ribuan-anak-penguin-kelaparan-di-antartika-kok-bisa-Ap6VqQebqs.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ribuan anak penguin mengalami kelaparan massal di Antartika. Fenomena ini disebut dengan 'bencana pembiakan' karena es laut yang sangat tebal, yang tidak biasa memaksa induk penguin mencari makanan lebih jauh.

Dilansir Phys, Jumat (13/10/2017), ilmuwan Prancis yang didukung oleh WWF telah mempelajari sebuah koloni dari 18.000 pasang penguin Adelie di Antartika Timur sejak 2010. Mereka menemukan hanya dua ekor anak penguin yang bertahan dalam musim kawin paling akhir di awal 2017.

Peneliti menghubungkan bencana itu dengan es laut yang luas di akhir musim panas, yang berarti penguin dewasa harus menempuh perjalanan lebih jauh untuk mencari makanan, dengan anak-anak penguin yang 'sekarat' saat mereka menunggu.

Yan Ropert-Coudert, ilmuwan penguin senior di stasiun penelitian Dumont D'Urville mengatakan bahwa wilayah tersebut terkena dampak perubahan lingkungan yang terkait dengan perpecahan gletser Mertz.

"Kondisi yang ditetapkan agar hal ini terjadi lebih sering karena terpecahnya gletser Mertz pada 2010 yang mengubah konfigurasi bentangan laut di depan koloni tersebut," katanya kepada AFP.

Lebih lanjut, ada faktor lain yang mempengaruhi seperti temperatur, arah angin dan kekuatannya. Selain itu, tidak adanya pembukaan polynya di depan koloni.

Polynya adalah area laut yang tak membeku di lapangan es. Peneliti menambahkan, musim berikutnya akan lebih baik bagi burung dalam hal lautan es. "Tapi kita tidak pernah tahu bagaimana hal itu akan berubah menjadi buruk," kata peneliti.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini