Canggih! Smartphone Lokal Bisa Isi Ulang e-Toll via Fitur NFC

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 15:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 57 1794798 canggih-smartphone-lokal-bisa-isi-ulang-e-toll-via-fitur-nfc-IlGdexAhNP.jpg (Foto: iStock)

JAKARTA - Era digital yang memungkinkan kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah juga telah banyak diimplikasikan dalam sektor keuangan. Kini, transaksi elektronik pun telah diterapkan dalam pembayaran jalan tol.

Oktober 2017 ini, penerapan transaksi elektronik jalan tol telah dilaksanakan. Hal ini didasarkan pada amanat Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Menteri PUPR No. 16/PRT/M/2017 tanggal 12 September 2017 tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol.

Sebagai upaya untuk mendukung dan mempermudah program nontunai tersebut, kartu e-money atau uang elektronik dari lima bank penerbit akan diberikan secara gratis mulai 16-31 Oktober 2017 di masing-masing gerbang tol. Dengan demikian, e-Toll diwajibkan untuk dimiliki dan dogunakan oleh pengemudi di sekitar Jabodetabek.

Sayangnya, meski terbilang praktis pembayaran tol dengan menggunakan e-Toll masih mengalami kendala untuk diimplementasikan secara menyeluruh. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kesulitan pengguna untuk mengisi ulang saldo e-Toll.

Namun bagi pengguna smartphone lokal Polytron Prime 7, hal tersebut tak menjadi kendala. Pasalnya, smartphone ini didukung dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memudahkan pengguna dalam pengisian uang elektronik.

Kemudahan ini menjadi salah satu inovasi smartphone besutan Polytron. Kini pengguna Polytron Prime 7 tak perlu khawatir atas aturan pemberlakuan e-toll berkat inovasi tersebut.

"Polytron Prime 7 punya banyak keunggulan, salah satunya bisa digunakan untuk mengisi ulang kartu e-Toll, sehinggal lebih mudah. Jadi masyarakat pengguna Prime 7 tidak perlu khawatir tentang sulitnya isi e-Toll," kata General Manager Mobile Phone Polytron, Usun Pringgodigdo.

Dijelaskan Usun Pringgodigdo, Prime 7 memiliki teknologi NFC dengan eSE (embedded secure element) pada smartphone. Oleh karenanya, selain mengirim data, NFC ini juga telah memenuhi standar untuk memfasilitasi proses transaksi pembayaran yang aman.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Pengguna hanya perlu menempelkan kartu e-Toll ke perangkat Prime 7 melalui proses yang didukung aplikasi.

Lebih lanjut Usun Pringgodigdo mengungkapkan bahwa Polytron Prime 7 dilengkapi fitur Fira Shop yang mendukung aktivitas bertransaksi. Fitur itu sendiri merupakan salah satu fitur bawaan dari sistem operasi Fira OS yang tersemat dalam smartphone Polytron. Keunggulan lainnya dari Prime 7 yakni ketangguhan bodi berkat dukungan Nano Molding yang dipadukan dengan Gorilla Glass. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini