iPhone Tinggalkan Touch ID Demi Saingi Android di 2018, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 57 1794968 iphone-tinggalkan-touch-id-demi-saingi-android-di-2018-benarkah-yTT7USK6lN.jpg (Foto: Mashable)

JAKARTA – iPhone X yang belum lama ini dirilis menjadi flagship teranyar Apple saat ini. Face ID yang menjadi salah satu teknologi unggulan iPhone X sendiri, kehadirannya telah menggantikan fitur fingerprint yang selama ini digunakan Apple.

Di masa mendatang, Apple juga disebut-sebut akan terus mengusung teknologi Face ID untuk iPhone selanjutnya.

Analis KGI Securities Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa meskipun Apple pada awalnya mengadopsi fingerprint, sepertinya semua model iPhone 8 akan beralih ke Face ID. Artinya, Apple tak akan lagi menggunakan fitur Touch ID, dan iPhone 8 akan menjadi versi terakhir iPhone yang mengusung Touch ID.

Bulan lalu, Kuo telah merilis catatan dimana ia mengatakan bahwa masa depan Face ID sebagian besar bergantung pada tanggapan konsumen pada iPhone X. Sementara catatannya yang terbaru mengungkapkan bahwa Apple kemungkinan akan menggunakan penginderaan 3D.

Dilansir 9to5Mac, Jumat (13/10/2017), menurut Kuo penginderaan 3D akan menjadi poin penjualan utama Apple dari semua model iPhone di tahun 2018. Meski Apple saat ini menghadapi kesulitan manufaktur untuk penginderaan 3D, Kuo mengatakan bahwa kamera TrueDepth dan Face ID akan membantu Apple unggul dalam desain dan produksi sensor 3D pada smartphone.

Berkat fokus Apple yang menggunakan Face ID, Kuo memprediksi bahwa semua model iPhone selanjutnya akan meninggalkan Touch ID. Keputusan ini jika memang benar-benar ditempuh Apple akan memungkinkan Apple unggul dan berbeda ketimbang vendor smartphone lain yang menjadi pesaingnya.

Kuo juga memprediksikan fitur yang sama pada vendor smartphone China. Menurutnya, beberapa produsen China di tahun 2018 akan meluncurkan teknologi fingerprint di layar. Bahkan Kuo percaya bahwa mereka juga mengembangkan penginderaan 3D ketimbang display atau fingerprint di belakang ponsel.

Teknologi Face ID Apple sendiri disebut Kuo amat sulit untuk dijiplak oleh vendor smartphone lain seperti Android. Menurut Kuo, perancang smartphone Android membutuhkan waktu hingga 2,5 tahun untuk mencocokkan fungsi dan pengalaman penggunaan kamera TrueDepth yang digunakan untuk memindai wajah pada iPhone X.

Dalam laporan sebelumnya Kuo mengatakan butuh waktu 1-2 tahun untuk pesaing Apple menirukan Face ID iPhone X. Namun setelah menyaksikan demonstrasi teknis resmi Apple, Kuo kini memperkirakan bahwa replikasi teknologi untuk kamera Face ID akan memakan waktu lebih lama. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini