Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Teknologi VR Siap Lengkapi Prosesi Pelantikan Anies-Sandi

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 12:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 16 57 1796184 keren-teknologi-vr-siap-lengkapi-prosesi-pelantikan-anies-sandi-USnfjzSkhe.jpg (Foto: Twitter)

JAKARTA - Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka hari ini, Senin (16/10/2017). Prosesi pelantikannya sendiri akan berlangsung pada pukul 16.00 WIB dan disiarkan oleh beberapa stasiun televisi.

Tak hanya itu, prosesi pelantikan juga bisa Anda lihat secara langsung melalui teknologi Virtual Reality (VR). Teknologi ini memungkinkan Anda melihat situasi di Istana Merdeka secara real time.

Secara keseluruhan 30 perangkat VR telah disiapkan untuk menikmati momen pelantikan Anies dan Sandi. Perangkat VR itu akan tersedia di 12 kelurahan di DKI Jakarta yakni di Kelurahan Jatinegara, Pondok Kopi, Pela Mampang, Cipete Selatan, Lebak Bulus, Menteng Dalam, Tanjung Priok, Srengseng, Penjaringan, Duri Kepa, Marunda, dan Rawabuaya.

Di 12 titik tersebut, warga disediakan satu virtual corner yang terdapat satu unit googless headset, beserta devicenya. Sejumlah 12 titik tersebut dipilih berdasarkan kemudahan akses dan jaringan.

Selain itu, jika Anda tak bisa berkunjung ke 12 lokasi tersebut, Anda masih bisa menyaksikan proses pelantikan secara langsung secara streaming melalui website dan aplikasi smarteyes.id, beritajakarta.id, dan jakarta.go.id.

Sebelumnya, Ketua Tim Pakar Smart City Anies-Sandi, Arie Mufti, mengungkapkan 3 High Definition VR Camera akan disiapkan pada tiga titik lokasi di Balai Kota. Ketiganya akan merekam suasana saat serah terima jabatan (sertijab) untuk disiarkan di luar lokasi menggunakan platform virtual reality.

"Kamera ini akan merekam secara live momen-momen penting. Kami tidak akan melakukan zoom, wide angle, tapi di titik dimana bisa terlihat semua kejadian di ruangan, termasuk penonton, langit-langit, dan momen-momen penting seperti serah terima dan pidato," katanya.

Ia juga mengatakan dalam siaran live streaming ini, akan ada visual analyze dashboard atau bisa disebut dengan bahagia meter. Melalui perangkat teknologi ini, dapat dianalisa tingkat kebahagiaan mereka yang hadir di lokasi acara. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini