Unik! Induk Perusahaan Google Uji Coba Drone Pengantar Makanan

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017, 17:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 19 207 1798631 unik-induk-perusahaan-google-uji-coba-drone-pengantar-makanan-b6TiIzXTXA.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA - Induk perusahaan Google, Alphabet, melakukan uji coba terhadap Project Wing, yakni drone pengantar makanan dan obat-obatan di Australia. Uji coba ini tak lepas dari kerja sama dengan dua perusahaan.

Diungkap Wakil Kepala proyek tersebut, Ryan Burgess, saat ini divisinya telah selangkah lebih maju dalam menghadirkan drone pengatar secara massal. Setahun lalu, Wing meluncurkan sebuah program bersama University of Virginia setelah mendapatkan izin dari otoritas penerbangan setempat.

Dikutip dari The Verge, Kamis (19/10/2017), Project Wing kali ini bekerja sama dengan peritel makanan Guzman Gomez dan farmasi Chemist Warehouse. Australia menjadi lokasi uji coba yang cocok bagi Project Wing karena regulasi yang tak terlalu ketat di negara tersebut.

Baca juga: Wow! Perusahaan Ini Bikin Arena Khusus untuk Berlatih Drone

Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat memiliki regulasi yang cukup ketat untuk penggunaan pesawat nirawak atau drone. Dikatakan Burgess sensor di dalam drone Wing dapat menuntun pesawat tersebut untuk menghindari rintangan di dihadapannya.

"Sensor di pesawat terbang kami bertanggungjawab untuk mengidentifikasi hambatan yang mungkin muncul saat penerbangan atau pengiriman, seperti mobil yang diparkir di tempat yang tidak terduga, atau furnitur outdoor yang telah dipindahkan," tulis Burgess.

Selain itu ia juga mengungkap bahwa sensor di dalamnya juga didukung oleh algoritma yang akan terus meningkatkan kemampuannya saat memilih jalur terbang.

Baca juga: Makin Ketat! AS Perluas Wilayah Larangan Drone 

"Semakin banyak pengiriman tes yang kami lakukan, memperlihatkan sensor pada pesawat terbang kami ke lokasi pengiriman baru, semakin pintar algoritma pesawat kami pada suatu hari akan memilih tempat yang aman untuk pengiriman," imbuhnya.

Project Wing tampaknya bakal menjadi pesaing Amazon Prime Air yang memiliki fungsi yang sama yakni sebagai pengantar makanan. Drone digunakan sebagai alat pengiriman karena akses melalui udara bakal memangkas waktu pengiriman dibandingkan layanan konvensional.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini