Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Laser Paling Kuat di Dunia Tambah Kekuatan 3 Kali Lipat, untuk Apa?

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017 01:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 19 56 1798915 wow-laser-paling-kuat-di-dunia-tambah-kekuatan-3-kali-lipat-untuk-apa-hmczpr8v4P.jpg (Foto: Joseph Xu, Michigan Engineering)

LANSING - Laser yang paling kuat di dunia akan memiliki kekuatan 2 atau bahkan 3 kali lebih kuat dari sebelumnya. Kekuatan laser tersebut dapat berubah berkat kontribusi USD2 juta dari National Science Foundation.

Dilansir dari Dailymail, peneliti dari University of Michigand dan kolaborator dari seluruh dunia berencana untuk meningkatkan kekuatan laser Hercules dari 300 triliun watt menjadi 500 atau bahkan 1.000 triliun watt. Dengan lebih banyak energi laser untuk fokus, peneliti dapat membuat perangkat berukuran kecil, yaitu seukuran tablet yang menghasilkan partikel dan sinar-X untuk aplikasi keamanan medis dan nasional, serta mengeksplorasi misteri yang tidak terjawab dalam astrofisika dan medan kuantum.

Menurut University of Michigan, kekuatan laser Hercules berasal dari serangkaian 5 laser ‘pompa’ yang tertanam yang memperkuat detak ultrashort cahaya. Untuk meng-upgrade kekuatan Hercules, para peneliti akan mengganti 3 pompa yang dirakit sendiri dengan pompa komersial.

Jika Hercules dapat mencapai tingkat kekuatan 1.000 triliun watt, laser tersebut sekali lagi akan menjadi salah satu laser paling kuat di AS, setelah memenangkan gelar Guinness World Records untuk 'laser dengan fokus intensitas tertinggi' pada 2008.

Intensitas laser Hercules saat ini adalah 20 watt setengah liter per sentimeter, namun laser yang disempurnakan harus memiliki intensitas ganda atau triple. Laser Hercules pertama kali dibangun oleh insiyur dari University of Michigan pada 2007.

Karena mendapat dorongan oleh permintaan dari proyek internasional yang mencari tingkat daya di utara 10.000 TW, laser pompa komersial dapat mengungguli versi custom made yang digunakan di HERCULES saat ini. Sementara akselerator partikel konvensional berukuran ratusan kilometer, seperti Large Hadron Collider 27 kilometer panjang Cern, sinar laser dapat menghidupkan percepatan partikel dan menghasilkan balok energi tinggi lainnya seperti sinar-X hanya dalam beberapa meter persegi atau kurang.

Partikel dan sinar-X dapat digunakan untuk menentukan adanya bahan nuklir dalam kontainer pengiriman yang sampai di pelabuhan, dan juga digunakan untuk perawatan medis seperti terapi radiasi. Sinar-X energi tinggi yang dipancarkan oleh akselerator laser juga dapat memungkinkan pencitraan sinar-X lanjutan yang dapat mengidentifikasi batasan antara berbagai jenis jaringan lunak di dalam tubuh seperti paru-paru dan jantung , namun tidak seperti sinar-X konvensional.

Menurut peneliti dari University of Michigan, metode ini akan jauh lebih murah dan lebih cepat daripada scan MRI yang biasanya digunakan dalam dunia medis. Selain praktis, laser ini juga mudah untuk mempelajari lebih banyak tentang misteri astrofisika serta elektrodinamika kuantum, yaitu studi tentang cahaya dan interaksinya dengan materi.

"Upgrade ini memungkinkan berbagai macam eksperimen yang berbeda. Ada aplikasi menarik ini, dan ini juga membuka sebuah rezim baru di garis depan fisika plasma, di mana fenomena kuantum mulai memainkan peran penting,” ungkap Karl Krushelnick, profesor teknik nuklir dan sains radiologi University of Michigan dari Pusat Ilmu Pengetahuan Ultrafast Optical, yang menampung HERCULES.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini