Uji Teknologi Mobile Swakemudi, Uber Bangun Kota Seluas 42 Hektar

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 207 1799409 uji-teknologi-mobile-swakemudi-uber-bangun-kota-seluas-42-hektar-HvvXiEr7EW.jpg (Foto: BGR)

JAKARTA - Uber membangun sebuah kota seluas 42 hektar di Pennsylvania, Amerika Serikat. Meski demikian, kota yang dibangun Uber tak akan memiliki bangunan perkantoran maupun perumahan.

Pasalnya, kota bernama Almono tersebut ditujukan untuk pengujian mobil swakemudi sehingga hanya berisi sirkuit. Uber sendiri memang tengah bersaing dengan Google, Tesla, dan Apple dalam pengembangan mobil tanpa sopir. Dengan adanya kota Almono maka akan semakin memuluskan jalan Uber di bisnis tersebut.

Dikutip dari BGR, Jumat (20/10/2017), kota tersebut berisikan beberapa blok jalanan, lampu pemberhentian, persimpangan, dan kendaraan Uber hasil kerjasama dengan Volvo. Selain itu terdapat pula jalur pejalan kaki lengkap dengan maneken yang dapat bergerak.

Baca juga: Uber Gunakan Program Mata-Mata di Grab, Benarkah?

Maneken itu digunakan untuk menguji reaksi kecerdasan buatan dalam mobil swakemudi Uber. Sementara itu jalanan dibuat serumit mungkin guna menguji kemampuan swakemudinya.

Kota replika dibuat semirip mungkin dengan keadaan jalan di Amerika Serikat, guna memudahkan adaptasi kendaraan Uber. Sebelumnya perusahaan ini telah menguji coba mobil swakemudi di Pittsburgh pada 2016.

Baca juga: Waduh! Diam-Diam Gunakan Izin Khusus untuk Rekam Layar iPhone, Benarkah?

Perusahaan yang memiliki jasa transportasi online ini juga sempat berselisih dengan Google Waymo soal pencurian teknologi. Uber dituduh telah mencuri salah satu teknologi Google melalui mantan teknisinya, Anthony Levandowski.

Selain itu di tengah kasus dan perselisihan internal Uber, pembangunan replikasi kota ini bisa menjadi bukti keseriusan perusahaan dalam menatap bisnis mobil swakemudi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini