Mantap! Developer Game Kini Bisa Cari Duit dari Facebook Messenger

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017, 22:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 20 207 1799415 mantap-developer-game-kini-bisa-cari-duit-dari-facebook-messenger-bDjJmAT8h5.jpg (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA - Facebook akhirnya memberikan kesempatan bagi pengembang game untuk mendapatkan keuntungan. Melalui Facebook Messenger, perusahaan teknologi asal Amerika ini turut menambahkan layanan in-app purchases dan juga iklan video.

Sebagai permulaan, layanan ini baru tersedia untuk pengguna Android dan pihak Google Play akan memotong pendapatan pengembang sebesar 30%. Sementara itu 70% sisanya akan diberikan penuh kepada pengembang.

Artinya, Facebook hanya berperan sebagai broker yang mewadahi para pengembang untuk mendapatkan keuntungan. Meski demikian tak menutup kemungkinan perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan jika layanan tersebut telah berjalan sepenuhnya.

Baca juga: Facebook Tes Langganan Artikel Instan di Android, Seperti Apa?

"Tes awal kami untuk IAP akan mengikuti kebijakan standar dan biaya transaksi untuk Google Play in-app purchases," ungkap Facebook dikutip dari Tech Crunch, Jumat (20/10/2017).

Langkah ini sendiri ditujukan agar para pengembang memberikan game berkualitas di Facebook Messenger. Selain itu ini juga bisa menjadi tempat baru bagi mereka untuk mendatangkan keuntungan.

Baca juga: Wih! Facebook Mulai Uji Coba Fitur Pesaing LinkedIn

Sebelumnya para pengembang game mendapatkan keuntungan melalui branding yang mempromosikan film seperti Valerian Space Run, Wonder Woman dan Lego Batman Bat Climb.

Facebook tampaknya akan mengelola Messenger Instant Games dengan cukup serius setelah platform game desktopnya mengalami titik jenuh dan game mobile didominasi oleh platform berbasis App Store dan Google Play.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini