Share

Saingi Google Clips, Kamera 360 Ini Miliki Kemampuan 'Melayang'

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 22 Oktober 2017 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 22 57 1800140 saingi-google-clips-kamera-360-ini-miliki-kemampuan-melayang-PV9M7CjkVC.jpg (Foto: 1-ring)

CALIFORNIA - Google Clips telah diumumkan beberapa waktu lalu dan menampilkan kemampuan rekam gambar di rumah pengguna. Tak ingin kalah dengan Clips, salah satu produsen kamera mengusung kamera mungil berfitur 360 yang memiliki kemampuan melayang.

Dilansir Digitaltrends, Minggu (22/10/2017), kamera yang dinamakan Moon dari 1-Ring ini merupakan kamera melayang pertama di dunia yang bisa terhubung dengan smartphone. Ketika terhubung dengan smartphone, pengguna bisa menggerakan kamera untuk berotasi.

Dengan demikian, kamera mendukung kemampuan tangkap gambar 360 derajat. Tidak hanya itu, perangkat juga mempunyai fitur audio serta pengenal 'noise' yang tertanam (built in).

Moon tampak mendukung ekosistem Internet of Things (IoT) dan konsep perangkat canggih untuk rumah pintar. Moon kompatibel dengan Amazon Alexa dan Google Home dengan dukungan untuk Apple HomeKit yang segera hadir.

Perangkat menggunakan ZigBee, Z-Wave, Bluetooth Smart, dan IR blaster untuk berinteraksi dengan perangkat rumah pengguna. Serupa dengan Clips, kamera terbaru ini bisa mendeteksi dan mulai merekam ketika menemukan suara atau gerakan di sebuah ruangan.

Munculkan Kekhawatiran

Teknologi canggih yang memiliki kemampuan aksi rekam atau jepret gambar otomatis bisa memunculkan kekhawatiran. Kekhawatiran ini terkait dengan dugaan apakah perangkat tersebut aman, bukan sebagai alat mata-mata.

Product Manager Google, Juston Payne mengatakan, Google Clips didesain untuk orangtua dan pemilik hewan peliharaan. Alat itu bisa menangkap momen, klip selama 7 detik dari orang-orang yang penting dalam kehidupan pengguna.

"Ini dirancang untuk memberi Anda lebih banyak momen spontan dengan menggunakan pembelajaran mesin dari orang-orang yang Anda ajarkan yang Anda kenal dan tersenyum, dan mencari gambar yang jelas serta stabil," tambahnya.

Payned mengungkapkan, Clips terlihat seperti sebuah kamera, bukan alat mata-mata. Nantinya, klip dapat tersimpan secara lokal dan dikirim hanya saat Anda menghubungkannya ke telefon Anda.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini