Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Apple Optimis Kecanggihan Ponsel Masa Depan dengan Teknologi AI

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 08:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 23 207 1801016 mantap-apple-optimis-kecanggihan-ponsel-masa-depan-dengan-teknologi-ai-HGncgEmXuk.jpg (Foto: Reuters)

CUPERTINO - Apple melihat perangkat mobile-nya sebagai platform utama untuk artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di masa depan. Hal ini disampaikan oleh Chief Operating Officer Apple, Jeff Williams.

Akhir pekan ini sendiri Apple akan mulai membuka pre order smartphone barunya iPhone X. Flagship Apple itu didukung dengan fitur AI yang tersemat dalam chip terbaru Apple, A11.

Sebagai flagship perusahaan, smartphone ini didukung dengan teknologi pengenal wajah yang disebut Face ID, dengan menggunakan mathematical model wajah seseorang agar pengguna dapat masuk dan mengoperasikan iPhone X.

“Kami berpikir bahwa kerangka kerja yang kami miliki, neural engine yang kami sematkan dalam smartphone dan jam tangan, kami anggap sebagai bagian terbesar di masa depan. Kami yakin kerangka kerja ini akan memungkinkan developer untuk membuat aplikasi yang melakukan lebih banyak dan lebih beragam di lingkup ini. Jasi kami pikir ponsel adalah platform utama,” terang William.

Hal ini disampaikan William dalam pesta ulang tahun produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Company yang ke-30 di Taipei yang turut dihasdiri oleh eksekutif teknologi global.

William mengatakan bahwa inovasi teknologi, terutama yang melibatkan cloud dan pemrosesan on-device akan memperbaiki kehidupan tanpa mengorbankan privasi atau keamanan pengguna.

“Saya pikir kita berada di inflection point, dengan komputasi on-device ditambah dengan potensi AI, untuk benar-benar mengubah dunia,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa AI dapat digunakan untuk mengubah cara pemberian layanan kesehatan, sebuah industri yang ia lihat telah matang untuk perubahan. Menurutnya, integrasi AI besutan Apple tak hanya terbatas pada ponsel semata.

“Beberapa bagian akan dilakukan di data center, di perangkat, namun kita sudah menggunakan AI secara luas, bukan versi mesin yang berpikir sendiri,” ujarnya.

Tak hanya Apple, beberapa perusahaan teknologi global seperti Facebook, Google, Amazon dan Huawei juga banyak menggelontorkan dana demi menawarkan layanan dan produk bertenaga AI untuk meningkatkan bisnis perusahaan. Demikian seperti dilansir Reuters, Selasa (23/10/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini