Menjajal Asus Zenfone 4 Max Pro, Smartphone Berkamera Ganda Penantang Oppo F3 Plus

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 17:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 23 92 1800752 menjajal-asus-zenfone-4-max-pro-smartphone-berkamera-ganda-penantang-oppo-f3-plus-nuVLbeVru2.jpeg (Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA - Fitur dual camera kini banyak diusung oleh berbagai vendor smartphone demi meraih minat pengguna. Tak ketinggalan dengan pesaing-pesaingnya, Asus pun turut menambah daftar vendor yang menggunakan sistem dual camera untuk jajaran smartphone barunya.

Belum lama ini Asus juga meluncurkan smartphone dual camera melalui seri Zenfone 4 Max Pro. Tak hanya mendukung fitur yang kekinian berkat kameranya, smartphone ini juga dilengkapi kapasitas baterai besar sehingga mampu bertahan hidup lebih lama.

Selain itu, sederet fitur lainnya juga disematkan Asus untuk Zenfone 4 Max Pro. Selengkapnya, simak review Asus Zenfone 4 Max Pro yang berhasil dirangkum Okezone.

Tampilan

Asus Zenfone 4 Max Pro hadir dengan bodi berbalut metal dan desain unibodi. Oleh karenanya, smartphone ini tidak licin dan nyaman di genggaman meski hanya dengan satu tangan.

Tampilan depan Zenfone 4 Max Pro, Anda akan disajikan dengan layar IPS berukuran 5,5 inci yang minim bezel, dengan rasio lebih dari 70%. Asus juga melengkapi tampilan Zenfone 4 Max Pro dengan fitur Bluelight Filter sehingga nyaman dalam penglihatan pengguna.

Bagian sudut bodi smartphone didesain melengkung. Sementara itu, penempatan tombol pengoperasian ponsel tak berbeda dengan smartphone Asus lainnya. Di bagian depan, ada beberapa tombol virtual yang posisinya khas Asus, dimana tombol back berada di bagian kiri, tombol recent apps, serta tombol home.

 

Yang menjadi pembeda, tombol home Zenfone 4 Max Pro dirancang dengan dukungan teknologi sentuh dan sensor fingerprint. Alhasil, Anda hanya perlu menyentuhnya, dan tak perlu menekan tombol Home jika ingin mengalihkan pengoperasian ponsel.

Tombol volume dan kunci ponsel terdapat di bagian sisi kiri sementara di sisi kanan, Anda akan menemukan slot untuk SIM card. Lain halnya dengan smartphone kebanyakan saat ini, Asus Zenfone 4 Max Pro menyediakan slot tersendiri untuk memori eksternal sehingga Anda lebih leluasa untuk menggunakan dual SIM card.

Bagian atas ponsel tersemat jack headphone 3,5mm untuk mendukung aktivitas pemutar musik hingga telefon. Sementara itu, di bagian bawah ponsel terdapat port USB untuk pengisian ulang baterai serta trasfer data, dan dua speaker yang mengapitnya.

Di bagian belakang ponsel tersemat kamera ganda dengan resolusi 16 MP. Satu kamera lainnya berlensa wide angle yang mencakup penjepretan hingga 120 derajat. Selain itu, kamera ganda tersebut juga dilengkapi dengan lampu flash untuk mendukung penjepretan gambar dalam pencahayaan yang minim.

Performa

Asus Zenfone 4 Max Pro dapur pacunya didukung dengan prosesor Snapdragon 430 yang dikolaborasikan dengan GPU Andreno 505, serta RAM berkapasitas 3GB. Selama tim Okezone menggunakannya, smartphone ini terbilang dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas pengguna.

Untuk penggunaan yang terbilang berat, Okezone mengujinya melalui penggunaan game Asphalt 8. Selama mengoperasikan game tersebut, smartphone ini juga bisa menjadi andalan.

Sayangnya, saat digunakan untuk bermain game Into the Dead, selama sekira satu jam Asus Zenfone 4 Max Pro ini sempat mengalami lag satu kali, padahal game tersebut tak membutuhkan koneksi internet untuk dijalankan.

Sistem operasinya sendiri menggunakan Android Nougat dengan tampilan antarmuka Asus ZenUI 4.0. Launcher ini terbilang sederhana sehingga memudahkan pengguna pemula untuk mengoperasikannya.

Namun seperti biasanya Asus menyematkan aplikasi pre-instal yang terbilang banyak seperti ZenUI FAQ dan BeautyLive sebagai aplikasi penjepret gambar yang akan memoles gambar menjadi lebih apik.

Fitur yang menarik dari smartphone ini yakni mampu mendukung aktivitas multi tasking dengan menampilkan dua aplikasi dalam satu layar. Misalnya Anda bisa bermain game seraya membalas email yang masuk.

Caranya hanya dengan menekan tombol recent apps kemudian menempatkannya ke bagian atas layar, sehingga tampilan akan terbagi dua bagian secara otomatis baik vertikal maupun horizontal.

Selama penggunaan, smartphone Asus Zenfone 4 Max Pro dapat diandalkan dengan sokongan baterainya yang berdaya 5000 mAh.

Kamera

Asus Zenfone 4 Max Pro mengusung fitur utama kamera ganda dan baterai berdaya besar. Di pasar smartphone tentunya fitur tersebut bukan hanya diusung Asus.

Oppo yang juga mengandalkan fitur kamera, telah meluncurkan Oppo F3 Plus. Lain halnya dengan Asus, Oppo F3 Plus menyematkan kamera ganda di bagian depan dengan resolusi 16MP dan 8MP.

Sementara itu, Asus Zenfone 4 Max Pro mengusung fitur unggulan kamera untuk mendukung aktivitas penjepretan gambar maupun perekaman video dengan kamera ganda beresolusi 16 MP f/2.0, serta kamera wide angle yang tersemat di bagian belakang ponsel.

Sebagai fitur unggulannya, Asus juga melengkapi kamera depannya dengan resolusi yang sama yakni 16 MP f/2.0. Untuk menghasilkan gambar yang baik, dihadirkan pula softlight LED flash yang terletak tak begitu jauh dari kamera depan tersebut.

Saat Okezone mencobanya, LED flash bagian depan Asus Zenfone 4 Max Pro mampu dijalankan dengan baik, saat menjepret gambar maupun merekam video untuk vlog. Kamera depan Zenfone 4 Max juga mampu menghasilkan gambar yang cukup baik meski dioperasikan malam hari.

Namun sayangnya gambar tampak tidak begitu tajam meski secara keseluruhan hasil gambar terbilang cukup. Begitu juga saat dibandingkan dengan kamera depan Oppo F3 Plus yang pencahayannya lebih baik ketimbang Zenfone 4 Max Pro.

Sementara itu setelah Okezone menjajal kamera belakangnya, smartphone ini mampu menjepret gambar dengan cukup apik. Kamera ganda Zenfone 4 Max Pro mampu menentukan fokus cukup cepat dan dengan pencahayaan yang baik. Alhasil gambarnya terbilang bagus.

 (Mode normal)

Anda juga bisa mendapatkan gambar angle yang lebih luas melalui kamera wide angle 120 derajat tentunya dengan kualitas yang sama baiknya. Begitu pula dengan kemampuan pencahayaannya meski menjepret ataupun merekam video saat malam hari.

 (Mode wide angle)

Baterai

Fitur unggulan lainnya yang diusung Asus Zenfone 4 Max Pro yakni baterai yang tangguh dengan daya 5000 mAh. Saat Okezone mencoba mengisi ulang baterai tersebut, durasi charging memang terbilang lama yakni sekira 11 jam.

Namun hal ini tergantikan dengan masa penggunaan yang lama. Anda bisa melakukan aktivitas menggunakan smartphone Asus ini selama lebih dari dua hari untuk penggunaan normal. Bahkan tanpa penggunaan koneksi data, ponsel ini mampu bertahan hingga lebih dari lima hari.

Jika Anda gunakan untuk streaming YouTube, Asus Zenfone 4 Max Pro juga mampu diandalkan karena mampu bertahan seharian lebih. Namun tentunya Anda harus bersabar menunggu proses charging yang terbilang lama, saat daya baterai menipis.

Dari sisi baterai, Oppo F3 Plus sendiri mengusung daya sebesar 4000 mAh sehingga tersalip oleh Asus Zenfone 4 Max Pro.

Benchmark

Untuk menilai performa dan kemampuan smartphone, menggunakan dua aplikasi benchmark yaitu Geekbench 4 dan AnTuTu Benchmark yang Okezone unduh dari Play Store.

Setelah melakukan proses dalam aplikasi AnTuTu Benchmark, Asus Zenfone 4 Max Pro mendapatkan skor 44.112. Skor tersebut didapatkan dari masing-masing pengujian 3D (8240), UX (16255), CPU (15017), dan RAM (4600).

Sementara itu berdasarkan pengujian dengan menggunakan aplikasi Geekbench 4, Asus Zenfone 4 Max Pro mendapat skor 662 untuk single-core dan 2520 untuk multi-core. (lnm).

Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max Pro

- Layar IPS (720 x 1280 pixel) 5,5 inci

- Prosesor Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz

- Grafis GPU Andreno 505

- RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB dan tambahan slot eksternal hingga 256 GB

- Kamera ganda belakang 16 MP dan depan 16 MP

- Kapasitas baterai 5000 mAh

- Android Nougat

- Dual nano SIM

Spesifikasi Oppo F3 Plus

- Layar IPS (1080 x 1920 pixel) 6 inci

- Prosesor Qualcomm Snapdragon 653 octa-core

- Grafis GPU Andreno 510

- RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB dan tambahan slot eksternal hingga 256 GB

- Kamera belakang 16 MP serta kamera ganda depan 16 MP + 8 MP

- Kapasitas baterai 4000 mAh

- Android Marshmallow

- Dual nano SIM

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini