Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih! Daftar Virus Berbahaya dengan Nama Terunik

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 10:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 24 207 1801690 nih-daftar-virus-berbahaya-dengan-nama-terunik-7vWOs8EW5N.jpg (Foto: Security Magazine)

JAKARTA – Virus komputer memang tak asing dikalangan pengguna. Namun berbagai cara dilakukan oleh hacker untuk menginfeksi komputer demi mendapatkan keuntungan yang mereka inginkan.

Tak hanya mengganggu aktivitas pengguna dan mengacaukan data yang dimilikinya, virus komputer juga mampu mencuri data pribadi yang bahkan tak disadari pemiliknya.

Pengguna yang awam dengan virus kemungkinan akan curiga dengan aktivitas komputer yang tak mereka mengerti. Namun tak sedikit pengguna yang merasa acuh dan membiarkan virus itu menginfeksi komputernya hanya karena ia merasa aman dengan menggunakan antivirus.

Tak ingin tampak berbahaya dan mencurigakan pengguna komputer, para hacker yang menyebarkan virus mengusung nama-nama unik untuk virusnya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut nama virus yang berbahaya namun memiliki nama yang unik.

Iloveyou

Siapa yang tak kenal dengan kalimat tersebut? Kalimat itu bahkan tak asing dikalangan anak muda dan dewasa. Sekilas mungkin nama ini sama sekali tak mencerminkan sebuah virus. Namun rupanya virus ini cukup berbahaya bagi pengguna komputer.

Virus ini pertama kali terlihat pada Mei tahun 2000. Iloveyou adalah virus pertama yang dibuat sebagai worm yang merupakan program mandiri yang mampu mereplikasi dirinya begitu ia menginfeksi komputer.

Virus ini menyebar ke berbagai pengguna komputer melalui email dan menginfeksi komputer mereka. Modusnya adalah dengan berpura-pura mengirimkan surat cinta dari pengagum rahasia mereka. Email tersebut juga menyertakan file yang bertuliskan 'LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs.

Sejatinya file tersebut memiliki ekstensi .vbs dan dibuat agar tampak seperti file teks. Saat Begitu mendownload file tersebut, virus itu tidak hanya merusak komputernya, namun juga mengirimkan email ke 50 kontak pertama dari buku alamat pengguna.

Melissa

Melissa merupakan salah stau virus yang pintar. Virus Melissa pertama kali ditemukan pada Maret 1999. Virus ini menjadi malapetaka bagi banyak orang di seluruh dunia hingga informasinya cepat menyebar.

Virus Melissa sendiri disebarkan melalui email dengan subjek “Inilah dokumen yang Anda minta, jangan tunjukkan kepada orang lain”. Email itu berisi daftar file.doc yang tampak seperti file dokumen biasa.

Namun saat pengguna mengklik file tersebut, virus itu dengan cepat direplikasi, memeriksa buku alamat pengguna dan mengirimkannya ke 50 pengguna pertama dengan pesan dan lampiran yang sama persis. Alhasil pengguna lainnya pun dengan mudah terinfeksi.

Flashback

Virus ini memang tidak seberbahaya daftar virus sebelumnya. Namun ini menjadi salah satu virus yang menginfeksi Mac, sehingga membuktikan bahwa perangkat Apple pun bisa disusupi virus.

Virus ini ditemukan pada tahun 2011. Flashback sendiri amat mirip dengan software Flash beserta fungsi yang ditampilkannya untuk mengelabui pengguna. Namun tentunya, Flashback merupakan Flash versi palsu.

Dalam versi yang lebih baru ketimbang saat ia ditemukan pertama kali, virus Flashback menyerang komputer saat Java diaktifkan. Virus ini memanfaatkan JavaScript yang berjalan di situs web dan mendownload dirinya ke komputer yang berbeda saat pengguna mengunjungi situs web tertentu. Begitu virus berada dalam sistem, komputer Mac kemudian menjadi botnet. (lnm).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini