Unik! Ikan Ini Bisa Lakukan 'Transgender' dan Tertangkap Kamera

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 24 56 1801723 unik-ikan-ini-bisa-lakukan-transgender-dan-tertangkap-kamera-xsQjLKZJ2t.jpg (Foto: Tony Wu BBC)

LONDON - Ikan yang dapat melakukan transgender tertangkap sedang berubah jenis kelamin di acara Blue Planet II di BBC. Asian Sheepshead Wrasse memang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengganti jenis kelaminnya.

Dilansir dari Dailymail, Selasa (24/10/2017), ikan tersebut memiliki dagu bulat dan memiliki benjolan besar di bagian kepala yang kemungkinan dapat ditukar karena dapat menularkan lebih banyak gen jantan. Cuplikan menakjubkan transformasi spesies akan ditampilkan untuk pertama kalinya ketika seri Blue Planet yang baru mengudara di Inggris pada Minggu lalu.

Para ilmuwan tidak yakin megenai alasan mengapa beberapa ikan betina tidak dapat melakukan transgender, namun hanya ikan jantan saja. Berasal dari Pasifik barat, spesies tersebut sangat besar untuk ikan yang dapat melakukan transgender.


Baca juga: Hiii.. Ini Deretan Ikan Terseram yang Ada di Laut Terdalam

Ikan tersebut dapat tumbuh hingga kurang lebih 1 meter dan beratnya sekira 14,7 kilogram. Seperti ikan yang dapat melakukan trangender lainnya, Wrasse mungkin terlahir dengan hanya memiliki sebagian organ reproduksi yang terbentuk.

Ikan tersebut dapat hidup sebagai jantan atau betina untuk sementara waktu. Namun, pemicu yang belum dapat diketahui yang dapat menyebabkan organ reproduksi betina masuk ke dalam tubuh ikan dan membentuk organ reproduksi jantan yang baru.

Hal tersebut mungkin merupakan hasil dari perubahan mendadak dari hormon yang dilepaskan ikan ke dalam aliran darahnya. Kru acara Blue Planet II menghabiskan 4 tahun menyelam ke kedalaman samudra Bumi untuk menangkap spesies bawah laut yang aneh dan indah.

Sama seperti Blue Planet II menggunakan pesawat tak berawak dan kamera ultra ringan. Blue Planet II telah menggunakan teknologi pembuatan film baru untuk menawarkan pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang lingkungan laut.


Baca juga: Lucu! Ikan Ini Tersenyum ke Kamera saat Peneliti Menyelam

Kamera pengisap state-of-the-art telah digunakan, memungkinkan penonton untuk 'bepergian' di belakang hiu paus dan orcas. Tim juga menggunakan ultra derek 'tow cams' untuk memberi pandangan terdepan tentang makhluk laut, dan 'kamera probe' untuk memberikan pandangan jarak dekat tentang kehidupan laut miniatur.

Ketika potongan acara tersebut muncul setelah para ahli memperingatkan pada bulan Juli bahwa alat kontrasepsi, produk pembersih dan barang-barang rumah tangga lainnya dilemparkan ke saluran pembuangan dan toilet Inggris mengubah transgender ikan jantan. Bahan kimia dalam zat ini bekerja pada ikan dengan cara yang mirip dengan hormon estrogen manusia, yang menyebabkan makhluk dengan karakteristik betina dan jantan.

Bahan kimia, yang mempengaruhi sebanyak satu dari 5 ikan sungai jantan di Inggris, dapat menyebabkan penurunan produksi sperma serta memicu produksi telur.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini