nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Techno Trick: Nih! Cara Kembalikan Data yang Terhapus di Hard Disk

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 28 Oktober 2017 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 27 92 1803829 techno-trick-nih-cara-kembalikan-data-yang-terhapus-di-hard-disk-yMkFjrB3zw.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ada kalanya pengguna tidak sengaja men-delete file yang tersimpan di hard disk atau storage penyimpanan. Ketika mencari di Recycle Bin tidak ditemukan, langkah ini mungkin bisa membantu Anda.

Periksa Folder File Backup

Pengguna bisa mengingat-ingat apakah pernah menyimpan file di media penyimpanan lainnya. Dengan membuat file backup, cara ini bisa lebih mudah untuk mengakses kembali file pengguna.

Gunakan Software Khusus

Software bisa dimanfaatkan untuk melihat lebih dalam ke dalam memori penyimpanan yang bahkan tak terlihat di Windows Explorer. Gunakan software dengan fitur recovery file, misalnya Recuva untuk menyelamatkan data pengguna yang terhapus.

Windows Restore Previous Versions

Cara ini bisa Anda lakukan apabila setelah Anda memeriksa file di dalam Recycle Bin, tetapi data tetap tidak ditemukan. Pertama, Anda buka folder yang awalnya tempat data tersebut berada.

Kemudian, klik kanan di folder tersebut dan klik pilih Restore previous versions. Langkah ini memungkinkan Anda mengembalikan data yang terhapus.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini