Share

Dapat Ciptakan Pengangguran, Hary Tanoe: Aplikasi Asing Harus Diatur

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 28 Oktober 2017 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 207 1804131 dapat-ciptakan-pengangguran-hary-tanoe-aplikasi-asing-harus-diatur-7ZpI7gVQ0V.jpg (Foto: Dokumentasi Perindo)

JAKARTA - Masyarakat memang dimanjakan oleh beragam aplikasi yang dapat memudahkan mereka dalam melakukan transaksi dan keperluan lainnya. Meski demikian gempuran era digital juga berimbas pada sektor lain yang belum siap bertransformasi.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan kehadiran aplikasi berbasis internet dapat memberikan dampak lain seperti berkurangnya lahan pekerjaan. Maka dari itu ia menyampaikan bahwa sudah sepatutnya, ada regulasi yang mengaturnya.

"Aplikasi internet akan menciptakan masalah baru yaitu peningkatan pengangguran dan oleh karenanya harus diatur," ungkap pria yang akrab disapa Hary Tanoe tersebut.

Menurutnya banyak masyarakat Indonesia yang masih belum siap untuk menerima perubahan ke era digital. Hal ini terlihat dari tingkat kesejahteraan dan pendidikan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, pada 2020 mendatang Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di mana penduduk dengan usia produktif akan lebih banyak dibandingkan usia non-produktif. Melihat hal ini, Hary Tanoe menyampaikan bahwa Indonesia perlu mempersiapkan lapangan pekerjaan.

"Indonesia bukan Negara Barat. Banyak masyarakat kita masih belum siap, baik secara kesejahteraan maupun pendidikan. Justru dengan adanya bonus demografi, kita perlu menciptakan lapangan kerja, bukan mengurangi lapangan kerja," lanjutnya.

Ia pun mengungkapkan keprihatinannya dengan kondisi aplikasi sekarang ini yang lebih banyak didominasi oleh aplikasi Asing. Aplikasi tersebut, kata Hary Tanoe, dapat mengganggu sektor riil dan retail yang memberikan kesempatan pekerjaan bagi masyarakat.

"Yang lebih memprihatinkan lagi apabila aplikasi Asing yang mendominasi dan mengganggu sektor riil dan retail yang menghidupi rakyat banyak," pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini