Share

Astronot Bisa Bikin Sumber Air dan Oksigen di Bulan, Caranya?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 29 Oktober 2017 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 56 1804281 astronot-bisa-bikin-sumber-air-dan-oksigen-di-bulan-caranya-c4d67G6TWX.jpg (Foto: BBC)

JAKARTA - Seorang insinyur pesawat ruang angkasa mengembangkan sebuah reaktor Matahari yang memungkinkan astronot membuat sumber air dan oksigen di Bulan.

Sistem dari alat tersebut dapat mengekstrasi air dari tanah di Bulan hanya dengan bantuan hidrogen yang dibawa dari Bumi. Hidrogen itu tentunya mengalami proses lebih lanjut agar menghasilkan air.

Karena hidrogen lebih ringan dibandingkan oksigen, sistem ini dapat mengurangi bobot misi ke Bulan secara drastis. Alat itu kini telah diuji coba selama enam bulan.

Dikatakan oleh penciptanya, alat tersebut dapat memasok kebutuhan air dan oksigen untuk delapan orang astronot di Bulan, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Minggu (29/10/2017).

Baca juga: Wow! Inilah Planet Terkecil di Tata Surya

Para peneliti telah bekerja selama beberapa dekade untuk mencari cara menghasilkan oksigen di Bulan.

"Sejak awal orang berfikir ini mungkin harus dilakukan dengan tungku surya karena di Bulan tidak banyak yang bisa memanaskan sistem yang bisa Anda gunakan," kata Thorsten Denk, salah seorang insinyur yang mengerjakan alat tersebut selama 10 tahun di Plataforma Solar de Almeria (CIEMAT).

Alat itu dikatakan bisa memisahkan air dari tanah di Bulan yang kemudian memisahkannya menjadi oksigen dan hidrogen. Alat itu memiliki bobot 400 kilogram namun bisa dikurangi dengan penyempurnaan lebih lanjut agar lebih ringan.

Baca juga: Mencengangkan! Tengkorak Kuno Papua Nugini Diduga Milik Korban Tsunami

Hanya dalam satu jam saja, alat ini bisa menghasilkan 700 kg air dan dalam waktu empat jam bisa menghasilkan 2,5 kg oksigen. Daya yang diperlukan oleh alat ini hanya di bawah 10 KW yang berasal dari tenaga surya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini