Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gokil... Kecerdasan Buatan Digunakan untuk Video Musik

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 30 207 1805345 gokil-kecerdasan-buatan-digunakan-untuk-video-musik-4fyZG18pon.jpg (Foto: Huffington Post)

JAKARTA - Kecerdasan akan menjadi teknologi yang penting untuk kehidupan manusia dalam waktu dekat. Saat ini kita telah banyak menemukan perangkat yang mengandalkan teknologi tersebut misalnya mobil swakemudi dan asisten digital.

Selain itu kecerdasan buatan juga membantu dalam proyek lain di luar ranah teknologi seperti misalnya di industri musik. Seperti dilaporkan Ubergizmo, Selasa (31/10/2017), seorang penyanyi asal China menggunakannya untuk membuat video musik.

Kecerdasan buatan digunakan oleh seorang penyanyi bernama Chris Lee dalam video musik berjudul "Rainy Day, But We Are Together". Dalam video klip tersebut kecerdasan buatan digunakan untuk menghadirkan efek visual.

Baca juga: Benarkah Kecerdasan Buatan akan Menyelamatkan Manusia atau Memusnahkan?

Efek visual yang dimaksud ialah merekonstruksi wajah sang aktris secara 3D dan juga dapat melacak gerakannya secara real-time. Bahkan kecerdasan buatan juga mampu mendeteksi ekspresi wajahnya.

Kabarnya kecerdasan tersebut dimiliki oleh perusahaan pembuat chipset, Intel. Disebutkan bahwa ini adalah video musik pertama yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Baca juga: Unik! UEA Punya Menteri "Artificial Intelligence" Pertama di Dunia

Dengan kecerdasan buatan, sang produser tidak mewajibkan Lee untuk memakai alat pelacak gerakan dan menggunakan efek kamera untuk menghadirkan tampilan tertentu. Efek-efek tersebut bisa dihaslikan dengan mudah hanya menggunakan kecerdasan buatan.

Pemanfaatan kecerdasan buatan untuk video musik hanya menjadi sebagian proyek yang bakal banyak ditemukan di masa mendatang.

‚Äč

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini