Dinosaurus yang Hidup 126 Juta Tahun Lalu Dianggap Mirip Pokemon, Seperti Apa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 30 56 1805181 dinosaurus-yang-hidup-126-juta-tahun-lalu-dianggap-mirip-pokemon-seperti-apa-3SMqsekvsb.jpg (Foto: BGR)

JAKARTA - Fosil seekor dinosaurus bernama Sinosauropteryx ditemukan pada pertengahan 1990. Dinosaurus ini diketahui hidup di daratan Bumi pada 126 juta tahun lalu.

Kini dengan menggunakan tiga sisa-sisa fosil Sinosauropteryx, ahli paleontologi dari University of Bristol dapat mengetahui wujud sebenarnya dari makhluk tersebut.

Mereka melaporkan bahwa tubuh Sinosauropteryx memiliki warna amber cerah (cokelat muda) dan memiliki garis putih yang melengkung di sekitar sisi kepalanya. Dengan area gelap di bagian bawah matanya, dinosaurus ini tampak seperti rakun.

Baca juga: Misterius, Sebuah Benda di Permukaan Mars Diyakini Sebagai Pesawat Induk Alien

Namun demikian, sebagaimana dilansir dari BGR, Senin (30/10/2017), Sinosauropteryx terlihat seperti monster pokemon karena memiliki bulu berwarna warni dan mirip dengan hewan rakun.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli paleontologi dari University of Bristol tersebut tak hanya memberikan gambaran nyata, tapi juga memberikan petunjuk bagaimana lingkungannya pada saat itu.

Baca juga: Astronot Bisa Bikin Sumber Air dan Oksigen di Bulan, Caranya?

Dengan corak warna yang dapat menyatu dengan lingkungan, kemungkinan dinosaurus ini menghabiskan waktunya di daerah yang sama seperti hewan modern saat ini semisal rusa.

"Kami tahu sebelumnya bahwa bulunya bercahaya, tapi penelitian ini menunjukkan bahwa itu adalah countershade dan bahkan bergaris," kata Dr. Steve Brusatte dari University of Edinburgh kepada New York Times. "Temuan ini menghidupkan kehidupan dinosaurus ini." imbuhnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini