Share

CEO Apple dan Facebook Temui Presiden China, Apa yang Dibicarakan?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 31 207 1805631 ceo-apple-dan-facebook-temui-presiden-china-apa-yang-dibicarakan-d6IA8PE3Ta.jpg (Foto: Reuters)

SHANGHAI – Chief Executive Apple, Tim Cook dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg kini tengah berada di China. Keduanya bertandang ke negeri tirai bambu tersebut untuk menemui Presiden China, Xi Jinping.

Pertemuan ini berlangsung dalam ajang tahunan sekolah bisnis, Tsinghua University. Cook dan Zuckerberg sendiri menjadi dewan penasihat bidang Ekonomi dan Manajemen sekolah di China tersebut.

Dilaporkan siaran pemerintah setempat, Xi berbincang dengan para petinggi bisnis dan pejabat termasuk Tim Cook dan Mark Zuckerberg. Pertemuan ini tentunya menguntungkan bagi kedua petinggi perusahaan teknologi tersebut.

Pasalnya, Apple mengalami kendala untuk merebut pasar di China. Sebagaimana diketahui, Facebook juga kesulitan untuk membuat beberapa aplikasi besutaannya melenggang di negara dengan penduduk yang banyak itu.

Facebook, WhatsApp dan Instagram telah dilarang di China sejak 2009. Mark Zuckerberg telah melakukan berbagai upaya untuk membuat layanannya beroperasi di negara tersebut mulai dari melakukan kunjungan, hingga belajar bahasa Mandarin. Kesempatan ini tentu tak akan disia-siakan oleh Zuckerberg.

Sayangnya, juru bicara Apple dan Facebook enggan berkomentar terkait rincian pertemuan bos perusahaan dengan presiden China. Facebook sendiri hanya mengonfirmasi bahwa Zuckerberg tengah berada di Beijing.

Keberadaan orang nomor satu di Facebook itu juga diketahui melalui posting-an Facebook-nya. "Setiap tahun perjalanan ini merupakan cara terbaik untuk mengikuti laju inovasi dan kewirausahaan di China," tulis Zuckerberg. (lnm).

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini