Resmi! Pelanggan Operator Seluler Wajib Registrasi SIM Card Mulai Hari Ini

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017, 08:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 31 54 1805506 resmi-pelanggan-operator-seluler-wajib-regitrasi-sim-card-mulai-hari-ini-glZcuyXUo6.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengeluarkan aturan terkait registrasi pelanggan jasa telekomunikasi. Aturan itu tercantum dalam Peraturan Menteri (PM) Kominfo Nomor 14 Tahun 2017.

Berdasarkan aturan itu, pelanggan operator telekomunikasi baik pelanggan baru maupun pelanggan eksisting atau lama, berkewajibann melakukan registrasi SIM card. Proses registrasi sendiri dilakukan dengan mencantumkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Aturan ini telah diumumkan oleh Kominfo pada 11 Oktober dan dilanjutkan dengan proses sosialisasi melaui pesan broadcast dari berbagai operator. Aturan tersebut pun mulai berlaku per hari ini Selasa, (31/10/2017).

Artinya, pelanggan prabayar baru yang membeli nomor perdana harus melakukan registrasi sebelum menggunakan SIM card tersebut. Pun begitu dengan pelanggan prabayar lama, yang harus melakukan registrasi ulang meski telah memproses registrasi sebelumnya. Lantas bagaimana caranya?

Bagi pelanggan prabayar baru, Anda bisa melakukan registrasi dengan mengirimkan pesan ke nomor 4444 dengan mencantumkan NIK dan nomor KK yang valid. Setiap operator memiliki format tersendiri untuk memfasilitasi proses registrasi. Anda bisa melakukan registrasi dengan format sebagai berikut.

Format Registrasi Nomor Perdana

Indosat : NIK#NoKK#

Smartfren : NIK#NoKK#

Tri : NIK#NoKK#

XL : Daftar#NIK#NoKK

Telkomsel : RegNIK#NoKK#

Kirim ke 4444

Sementara itu untuk pelanggan lama Anda juga diminta untuk mengirimkan pesan ke nomor 4444 dengan mencantumkan NIK dan nomor KK yang valid. Anda bisa melakukan registrasi ulang dengan format sebagai berikut.

Format Registrasi Ulang Nomor Lama

Indosat : ULANG#NIK#NoKK#

Smartfren : ULANG#NIK#NoKK#

Tri : ULANG#NIK#NoKK#

XL : ULANG#NIK#NoKK

Telkomsel : ULANGNIK#NoKK#

Kirim ke 4444

Masa registrasi ulang SIM card bagi pelanggan prabayar lama yang dimulai hari ini, akan berakhir pada 28 Februari 2018. Jika sampai batas tersebut pelanggan belum melakukan registrasi, tak perlu khawatir karena Kominfo memberikan waktu tambahan.

Secara total Kominfo memberikan kesempatan tambahan selama 60 hari kepada pelanggan prabayar lama untuk melakukan registrasi ulang setelah batas akhir ditentukan (28 Februari 2018). Namun konsekuensinya, 30 hari pertama dari kesempatan tambahan itu pelanggan tak bisa melakukan panggilan keluar dan mengirim pesan.

15 hari selanjutnya, jika pelanggan prabayar lama belum juga melakukan registrasi, pesan atau panggilan masuk akan diblokir. Kemudian tambahan 15 hari terakhir pelanggan tak bisa berselancar di dunia maya karena akses internet diblokir.

Jika kesempatan 60 hari itu tak dimanfaatkan oleh pelanggan, maka SIM card yang digunakan akan secara otomatis terblokir dan tak dapat lagi digunakan. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini