Banyak Pengguna Jual iPhone 8 Tak Lama Setelah Dirilis, Apa yang Terjadi?

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 01 207 1806424 banyak-pengguna-jual-iphone-8-tak-lama-setelah-dirilis-apa-yang-terjadi-so3M3fb4a8.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Apple telah meluncurkan jajaran perangkat barunya, yakni iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X. Handset yang terbilang dibanderol cukup mahal ini juga kini telah beredar di pasaran dan dimiliki pengguna.

Namun siapa sangka, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang lebih dulu dipasarkan malah dijual kembali oleh pengguna, tak lama setelah iPhone X dirilis ke pasaran. Padahal seri iPhone 8 sendiri tercatat baru enam minggu melenggang di pasar smartphone.

Hal ini terkuak dari website Decluttr.com, yakni situs jual beli perangkat elektronik bekas di Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Usianya yang masih muda dipasaran sontak saja membuat pengelola situs ini pun terheran.

Manajer pemasaran digital Decluttr.com James Bell, mulanya mengira akan banyak iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dijual demi mendapatkan iPhone seri terbaru. Namun tak sesuai perkiraan, konsumen malah menjual iPhone 8 dan iPhone 8 Plus miliknya.

“Kami pikir mereka akan menjual iPhone 7, namun nampaknya orang-orang belum puas dengan iPhone 8,” katanya.

Sebagai situs jual beli perangkat elektronik bekas, pengelola situs ini secara langsung akan setidaknya mengetahui kebiasaan konsumen. Menurut Bell, penjualan iPhone 8 yang terbilang dalam waktu singkat ini belum pernah terjadi sebelumnya.

“Ini tidak pernah terjadi. Kami tidak pernah mendapati banyak iPhone dijual hanya setelah sebulan dipasarkan,” terangnya.

Situs Decluttr.com sendiri telah mendapatkan ribuan model iPhone sejak bulan lalu. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sendiri memberikan kontribusi sekira 7% dari total pembelian iPhone konsumen. Sementara iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memberikan kontribusi sekira 1%, sama seperti jumlah yang didapat di tahun lalu.

Menurut Bell alasan dibalik hal ini adalah hadirnya iPhone X yang belum lama ini tersedia untuk dipesan. Flagship itu mengusung layar yang hampir tanpa bezel berukuran 5,8 inci, serta teknologi Face ID.

“Pelanggan kami mendapati iPhone 8 amat mirip dengan iPhone 7 dan mereka sangat antusias dengan teknologi pengenalan wajah, terutama saat iPhone X kemungkinan dipasarkan dalam jumlah terbatas,” jelas Bell. Demikian dilansir Phone Arena, Rabu (1/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini