Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! 17 Live Dukung #internetsehat di SiBerkreasi Netizen Fair 2017

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 01 207 1806655 mantap-17-live-dukung-internetsehat-di-siberkreasi-netizen-fair-2017-z0aHeY7H0m.JPG (Foto: 17 Media)

JAKARTA – Beragam konten yang tersebar di internet dan media sosial tak luput dari penyalahgunaan. Alhasil konten yang terbilang negatif itu membuat masyarakat menjadi terpecah belah.

Belum lagi internet yang digunakan untuk kepentingan yang negatif, yang tentunya memiliki dampak buruk bagi pengguna. Mengatasi hal tersebut berbagai kalangan melakukan gerakan untuk memanfaatkan internet secara positif dan meminimalisir konten negatif di dunia maya.

Seperti yang ditempuh dalam SiBerkreasi Netizen Fair 2017, yakni gerakan nasional literasi digital muncul dari inisiatif bersama berbagai kalangan. Gelaran yang berlangung pada 27-28 Oktober 2017 di JIExpo Kemayoran ini dimaksudkan mengajak seluruh masyarakat untuk aktif menyebarkan konten positif di dunia digital dan internet

Pertumbuhan pengguna internet yang terus meningkat selayaknya diseimbangkan dengan pemahaman akan pentingnya literasi digital oleh masyarakat.

17 Live turut berpartisipasi memeriahkan SiBerkreasi Netizen Fair 2017. Sosialisasi #internetsehat ini dilakukan di booth 17 Live dengan memberikan pengetahuan tentang apa itu livestreaming dan bagaimana menggunakan livestreaming secara positif sehingga menghasilkan karya yang dapat dinikmati banyak orang.

Edukasi ini sendiri dilakukan oleh host-host 17 Live yang secara pribadi tergerak untuk berperan dalam mendorongkonten positif. Mereka juga berinteraksi bersama netizen saat acara berlangsung.

“Pak Sonny Sudaryana selaku Kepala Seksi Penerapan Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, sempat mengunjungi booth 17 Live dan berfoto bersama Host-host 17 Live. Vina Jayanti, salah satu top Host 17 Live kami juga sempat mensosialisasikan aplikasi livestreaming 17 Live”, ujar Andryan Gouw, Direktur PT. Tujuhbelas Media Indonesia.

Agar pesan yang disampaikan lebih mudah diterima dan diingat oleh netizen, sosialisasi #internetsehat ini juga dilakukan dengan berbagai cara unik. Salah satunya dengan animasi lucu yang ada di aplikasi 17 Live.

Gift yang dinamakan anti hoax menceritakan tentang ikon 17 Live yang bernama 17 Baby, sedang melihat sebuah berita negatif tetapi ia menolak untuk menyebarkannya. Ini juga menjadi bentuk komitmen 17 Live dalam mendukung kegiatan #internetsehat.

“Kami mendukung penuh gerakan SiBerkreasi ini. Mengurangi penyebaran konten negatif merupakan tugas kita bersama, bukan hanya pemerintah. Hal ini dapat dimulai dari diri kita sendiri, salah satu contoh yang mudah ketika kita menerima berita yang belum pasti kebenarannya, lebih baik di cek terlebih dahulu di portal berita terpercaya kemudian baru di share,” ujar Adryan.

Ia menekankan agar masyarakat tak mudah untuk mempercayai hoax, serta membagikan informasi dari berbagai aplikasi dan media sosial. Tak hanya itu, Adryan juga berharap lebih banyak masyarakat yang aktif dan peduli, dengan terlibat langsung menyebarkan konten-konten positif. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini