Registrasi SIM Card Secara Online, Nih Caranya!

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 16:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 01 54 1806563 registrasi-sim-card-secara-online-nih-caranya-uS1rG7oSbC.jpg (Foto: Huffington Post)

JAKARTA – Kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait registrasi SIM card telah berlaku sejak 31 Oktober lalu. Berdasarkan aturan ini, pelanggan prabayar operator seluler baik baru maupun lama wajib melakukan registrasi dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Aturan ini telah diumumkan oleh Kominfo pada 11 Oktober dan dilanjutkan dengan proses sosialisasi melaui pesan broadcast dari berbagai operator. Pelanggan operator seluler diberikan kesempatan untuk melaukan registrasi hingga 28 Februari 2018.

Pelanggan prabayar baru yang membeli nomor perdana harus melakukan registrasi sebelum menggunakan SIM card tersebut. Pun begitu dengan pelanggan prabayar lama, yang harus melakukan registrasi ulang meski telah memproses registrasi sebelumnya.

Tak hanya melalui pesan singkat (SMS), pelanggan juga bisa melakukan registrasi secara online melalui website resmi operator seluler Tanah Air. Lantas bagaimana caranya? Pelanggan hanya perlu mengakses situs operator seluler yang digunakan. Berikut daftar situs website resmi operator untuk registrasi SIM card.

Registrasi pelanggan Telkomsel klik tautan ini

Registrasi pelanggan XL klik tautan ini

Registrasi pelanggan Indosat Ooredoo klik tautan ini

Registrasi pelanggan Tri klik tautan ini

Registrasi pelanggan Smartfren klik tautan ini

Kebijakan Kominfo ini dalam praktiknya menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Data yang dikirimkan pelanggan dalam proses registrasi, selanjutnya akan divalidasi dengan data yang ada di database Dukcapil.

Data yang tervalidasi dari para pelanggan operator seluler secara langsung akan memudahkan pihak terkait melakukan penanganan saat terjadi penyalahgunaaan layanan. Selain itu, aturan registrasi juga turut meminimalisir dampak negatif dari penyalahgunaan layanan operator seluler. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini