Ingat! Pelanggan Prabayar Wajib Registrasi SIM Card, Bagaimana dengan Pascabayar?

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 01 November 2017, 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 01 54 1806645 ingat-pelanggan-prabayar-wajib-registrasi-sim-card-bagaimana-dengan-pascabayar-UqtNkxvjTS.jpg Ilustrasi SIM Card (Foto: Youtube)

JAKARTA – Pelanggan prabayar jasa telekomunikasi seluler kini diwajibkan untuk melakukan registrasi. Hal ini sesuai dengan aturan yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam Peraturan Menteri PM Kominfo Nomor 21 Tahun 2017.

Berdasarkan aturan tersebut, pelanggan prabayar baru maupun eksisting atau lama, diwajibkan melakukan registrasi dengan menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang valid.

Secara khusus aturan registrasi ini memang ditujukan kepada pelanggan prabayar saja. Lantas bagaimana dengan pelanggan pascabayar?

Pelanggan prabayar tidak diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang sebagaimana pelanggan prabayar eksisting atau lama. Pasalnya, mereka telah melakukan registrasi dan data pelanggan pascabayar telah dimiliki oleh operator seluler, sebelum mereka menggunakan layanan operator.

“Kalau yang pascabayar sudah jelas tervalidasi, sudah jelas datanya,” kata Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza kepada Okezone.

Pencantuman NIK dan nomor KK sendiri akan membantu mengindentifikasi pelanggan yang menyalahgunakan layanan operator seluler. Sebagaimana diketahui, SIM card kerapkali disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggungjawab demi meraup keuntungan.

Hadirnya aturan ini diharapkan mampu meminimalisir penyalahgunaan tersebut, sehingga keamanan dan kenyamanan pelanggan jasa telekomunikasi di Tanah Air semakin terjaga. (hth)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini