Share

OKEZONE STORY: Yuk! Kenali Douglas Engelbart sang Penemu Mouse Komputer

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 01 56 1806468 okezone-story-yuk-kenali-douglas-engelbart-sang-penemu-mouse-komputer-nhCcMSMZQ8.jpg

JAKARTA – Komputer tak lengkap rasanya tanpa dukungan keyboard dan mouse. Keterhubungan dari beberapa perangkat itu membantu pengguna dalam menyelesaikan urusan apapun yang terkait.

Mouse sendiri turut memiliki peran penting dalam perkembangan komputer. Meski bentuknya mungil, perangkat itu mampu mengarahkan berbagai perintah pengguna untuk menjalankan program komputer.

Mouse merupakan perangkat yang ditemukan oleh Douglas Carl Engelbart pada 1964. Ia lahir pada 30 Januari 1925 di Portland, Oregon dari pasangan Carl dan Gladys Engelbart dan menjadi pelopor desain komputer interaktif.

Douglas C. Engelbart juga menciptakan sistem pengeditan dua dimensi pertama, dan pertama kalinya mendemonstrasikan campuran teks grafis serta shared-screen.

Ia memiliki dua saudara kandung yakni kakak perempuan, Dorianne Engelbart Vadnais yang lahir pada 1922, dan seorang adik laki-laki, David Engelbart yang lahir tahun 1927. Setelah lulus dari Franklin High School di Portland pada tahun 1942, Engelbart mendaftarkan diri di Oregon State College (Oregon State University) di Corvallis, di mana dia belajar teknik elektro.

Tidak lama setelah lulus dengan gelar sarjana pada 1948, Engelbart menempati posisi di Ames Research Center California, sebuah laboratorium kedirgantaraan pemerintah yang dikelola oleh National Advisory Committee on Aeronautics (pendahulu NASA).

Douglas C. Engelbart juga melanjutkan studinya dan meraih gelar Ph.D di bidang teknik elektro University of California, Berkeley, pada tahun 1955.

Setelah kembali ke sekolah untuk bertugas sebagai asisten profesor, Engelbart memulai karir di Stanford Research Institute yang kemudian berganti nama menjadi SRI International. Sekira waktu yang sama, ia mulai memusatkan perhatian pada pendekatan yang dia sebut "bootstrap", di mana ia menegaskan bidang teknik dan sains akan sangat meningkat jika kekuatan komputer di-share di antara para peneliti.

Awal 1960-an, Engelbart mendirikan

SRI International's Augmentation Research Center dalam upayanya untuk meneliti lebih lanjut pengolahan informasi, tools dan metode computer-sharing. Tak lama setelah itu, Engelbart merancang dan menjadi pengembang utama Sistem Saluran ON, yang juga dikenal sebagai NLS, sebuah sistem computer-sharing yang revolusioner.

Tahun 1964, Engelbart mengkonseptualisasikan dan menciptakan desain pertama mouse komputer. Meski Engelbart percaya bahwa perangkat komputer point-and-click bisa dilengkapi dengan maksimal 10 tombol, mouse pertamanya hanya memiliki tiga tombol saja.

Ia kemudian menciptakan sistem pengendali dua dimensi pertama, dan merupakan yang pertama yang menunjukkan penggunaan grafis campuran serta shared-screen.

Engelbart menjabat sebagai direktur Augmentation Research Center sejak awal hingga 1977. Pusat penelitian tersebut dipindahkan ke Tymshare pada tahun 1978. Pada 1989 kemudian Engelbart mendirikan Proyek Bootstrap di Stanford University.

Berbagai penghargaan telah diraih Engelbart diantaranya Coors American Ingenuity Award (1991), Yuri Rubinsky Memorial Award (1995), dan National Medal of Technology and Innovation (2000). Sayangnya meski temuannya untuk mouse berperan penting dalam dunia komputer, Engelbart tak pernah menerima royalti.

Penemu yang terkenal di dunia teknologi ini pun telah meninggal karena gagal ginjal di Atherton, California, pada 2 Juli 2013. Ia meninggal di usianya yang ke 88 tahun. (lnm).

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini