Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DO YOU KNOW: Wow! Teleskop Pertama di Dunia Telah Ada Sejak 1608

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 01 56 1806800 do-you-know-wow-teleskop-pertama-di-dunia-telah-ada-sejak-1608-TKHMCVLOmH.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Teleskop dipakai untuk melihat objek dari kejauhan agar terlihat dekat. Teknologi ini rupanya sudah ada sejak pertama kali diciptakannya yakni pada 1608.

Teleskop pertama diciptakan oleh Hans Lippershey pada 1608, sebuah alat yang mengandalkan dua lensa di dalam tabung yang terbuat dari kayu. Kabarnya, ”The Dutch Perspective Glass“, Teropong bintang yang Lippershey temukan hanya bisa memperbesar tiga kali pembesaran.

Diambil dari berbagai sumber, karya Lippershey sekaligus mengonfirmasi bahwa dirinya yang sebagai penemu teleskop pertama. Namun, penyempurnaan dilakukan oleh Galileo Galilei yang membuat suatu alat yang lebih baik dari teleskop Lippershey.


Baca juga: Keren! Bermodal Teleskop, Astronom Temukan Magnet Tersembunyi di Galaksi

Lippershey diyakini sebagai orang pertama yang mendapat suatu hak paten untuk desainnya dan membuatnya untuk digunakan secara umum pada 1608. Namun, pada kenyataanya ia gagal menerima suatu hak paten untuk alat ciptaannya tersebut.

Pada 1609, Galileo Galilei mendengar mengenai "Dutch perspective glasses" dan ia merancang alat buatannya sendiri. Kemudian, ia pamerkan alat buatannya itu di Venetian Senate.


Baca juga: Cari Alien, Ilmuwan Gunakan Teleskop Canggih

Wikipedia meneangkan, teleskop atau teropong adalah sebuah instrumen pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati.

Teleskop merupakan alat paling penting dalam pengamatan astronomi. Jenis teleskop (biasanya optik) yang dipakai untuk maksud bukan astronomis antara lain adalah transit, monokular, binokular, lensa kamera, atau keker. Teleskop memperbesar ukuran sudut benda, dan juga kecerahannya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini