nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Generasi Milenial Doyan Akses Media Sosial sebagai Sumber Informasi, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 17:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 02 207 1807275 generasi-milenial-doyan-akses-media-sosial-sebagai-sumber-informasi-benarkah-vOK4Grzlz4.jpg Ilustrasi (Foto: Financialexpress)

JAKARTA - Internet dan gadget kini menjadi sesuatu yang tak lepas dari kehidupan masyarakat. Generasi milenial khususnya menjadi pengguna yang terbilang amat aktif berselancar di dunia maya.

Media sosial pun kini seolah menjadi rumah kedua bagi pengguna smartphone. Di Indonesia, media sosial menjadi sumber informasi utama yang diakses oleh milenial.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Yogrt - aplikasi berbasis lokasi, media sosial menjadi sumber informasi yang paling banyak digunakan kalangan milenial di Indonesia, dengan persentase sekira 79%. Meski begitu, kepercayaan milenial terhadap informasi masih lebih mengandalkan sumber dari orang terdekat, seperti keluarga dan rekan-rekannya.

Baca juga: Menggiurkan! Nih Pendapatan Bisnis Konten Hoax di Media Sosial

Televisi juga masih memiliki peran menjadi sumber informasi yang diakses oleh generasi milenial Indonesia. Dijelaskan Roby Muhamad, Sosiolog bidang jejaring sosial, dosen Universitas Indonesia (UI) dan co-founder Yogrt, meski media sosial turut menyebarkan informasi, peranan televisi tak tergantikan. Berdasarkan data dari studi Yogrt, TV menjadi sumber informasi kalangan milenial dengan persentase sebesar 56%. 

Studi ini dilakukan Yogrt kepada 5.000 milenial (usia 17-36 tahun) akar rumput (penghasilan <5 juta), yang merupakan bagian dari pengguna aplikasi Yogrt. 

Media sosial sendiri dinilai Roby bukan lagi dunia yang maya, namun justru dunia nyata saat ini. Pasalnya mereka bersosialisasi dengan rekan-rekan dan keluarganya melalui media sosial layaknya di dunia nyata.

Baca juga: Berantas Konten Negatif di Medsos, Menkominfo: Perlu Pendekatan dari Hulu ke Hilir

"Kita jangan menganggap sosial media itu maya, tapi kini nyata. Itu semua riil. Bersosial Media sekarang menjadi bentuk bersosial karena kebutuhan sosial mereka terpenuhi," terangnya di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Berdasarkan studi yang dilakukannya, Roby memprediksi milenial Indonesia saat ini ke depannya akan semakin hidup di platform digital sehingga menimbulkan peluang ekonomi baru, meski ia tak bisa memprediksi bentuk dari peluang tersebut.

"Dia akan semakin hidup di platform digital dan menimbulkan peluang ekonomi baru yang kita enggak tahu," ujarnya.

Topik yang diminati milenial akar rumput sendiri masih didominasi dunia hiburan seperti film dan musik. Tak hanya milenial di Indonesia, perilaku ini juga menurut Roby berlaku bagi milenial di mancanegara yang juga menyukai topik hiburan yang mereka akses di internet.

Di sisi lain topik lain yang kurang diminati termasuk topik politik dan keagamaan, karena milenial saat ini dinilai menyukai untuk hidup bersama atau berkelompok. (lnm).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini