Duh! Fitur Face ID iPhone X Ternyata Bagikan Wajah Pengguna

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 03 207 1807942 duh-fitur-face-id-iphone-x-ternyata-bagikan-wajah-pengguna-Zmv3D8rIwU.jpg (Foto: Apple)

JAKARTA - Apple meluncurkan iPhone X bulan lalu. Smartphone andalannya itu hadir dengan fitur keamanan baru bernama Face ID. Saat peluncurannya, Apple mengatakan bahwa semua data wajah tersimpan dengan aman di perangkat itu sendiri.

Namun, beberapa pakar privasi mengaku mengkhawatirkan beberapa data wajah pengguna dapat dapat dibagikan dengan pengembang aplikasi.

Reuters melaporkan bahwa Apple mengizinkan pengembang untuk mengambil beberapa data wajah dari perangkat. Mereka dapat mengambil data tersebut setelah pengguna mengizinkan dan tidak menjual data tersebut ke pihak ketiga.

Baca juga: Waduh! Baru Dijual, 300 iPhone X Digondol Perampok

Pengembang aplikasi kemudian dapat menggunakan data tersebut untuk membuat fitur baru untuk iPhone X, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (3/11/2017).

Data yang dapat diambil dari telepon dengan izin pengguna mencakup representasi visual wajah pengguna dan lebih dari 50 ekspresi wajah. Data tersebut dapat dihapus dari telepon dan disimpan di server pengembang sendiri.

Baca juga: Fitur Face ID iPhone X Ditipu Anak Kembar, Kok Bisa?

Meski demikian, data yang akan tersedia bagi pengembang tidak bisa digunakan untuk membuka kunci iPhone X. Sebab, hal itu membutuhkan representasi wajah pengguna secara matematis dan bukan sekadar peta visual.

Sementara pakar keamanan mengkhawatirkan bahwa pengembang dapat menyalahgunakan data tersebut untuk melacak ekspresi wajah pengguna sebagai tanggapan terhadap konten atau iklan. Sejauh ini belum ada tanggapan resmi dari Apple soal kabar tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini