Wih! Diberlakukan 3 Hari, 35 Juta Pelanggan Sudah Lakukan Registrasi SIM Card

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017, 12:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 03 54 1807707 wih-diberlakukan-3-hari-35-juta-pelanggan-sudah-lakukan-registrasi-sim-card-EjbThDPG4H.jpg (Foto: BT)

JAKARTA – Kebijakan tentang registrasi SIM card yang diatur oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah berlaku sejak 31 Oktober 2017. Aturan itu mewajibkan setiap pelanggan prabayar operator seluler baik baru maupun lama unutk melakukan registrasi dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Kebijakan ini rupanya tak hanya di sambut positif oleh berbagai operator seluler namun juga para pengguna prabayar. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pelanggan yang melakukan registrasi. Jumlahnya pun terus meningkat setiap harinya.

Berdasarkan data yang dikutip Kominfo, hingga 3 November ini tercatat lebih dari 35 juta pelanggan telah melakukan registrasi.

“Registrasi Prabayar per 3 November sampai dengan pukul 05.17 WIB teregistrasi sejumlah 35.004.041,” kata Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza, Jumat (3/10/2017).

Jumlah SIM card yang tersebar dan digunakan oleh masyarakat Indonesia sendiri melebihi jumlah penduduk. Pasalnya, banyak kalangan menggunakan lebih dari satu SIM card untuk menunjang aktifitasnya.

Dijelaskan Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Rony Mamur Bishry jumlah SIM card yang terdaftar mencapai sekira 300 juta. Artinya, masih lebih dari 264 SIM card yang belum melakukan registrasi ulang.

Sementara itu, masa registrasi SIM card prabayar masih bisa dilakukan hingga 28 Februari 2018. Pelanggan bisa melakukan registrasi melalui pesan singkat (SMS) dengan format sebagai berikut.

Format Registrasi Baru Nomor Perdana

Indosat : NIK#NoKK#

Smartfren : NIK#NoKK#

Tri : NIK#NoKK#

XL : Daftar#NIK#NoKK

Telkomsel : RegNIK#NoKK#

Kirim ke 4444

Sementara itu untuk pelanggan lama Anda juga diminta untuk mengirimkan pesan ke nomor 4444 dengan mencantumkan NIK dan nomor KK yang valid. Anda bisa melakukan registrasi ulang dengan format sebagai berikut.

Format Registrasi Ulang Nomor Lama

Indosat : ULANG#NIK#NoKK#

Smartfren : ULANG#NIK#NoKK#

Tri : ULANG#NIK#NoKK#

XL : ULANG#NIK#NoKK

Telkomsel : ULANGNIK#NoKK#

Kirim ke 4444

Pelanggan juga bisa melakukan registrasi secara online dengan mengakses situs resmi operator seluler, sesuai dengan operator SIM card yang digunakan. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini