Techno of The Week: Ini Tanggapan Kominfo soal Hoax Registrasi Kartu Prabayar

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Sabtu 04 November 2017, 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 03 54 1808163 techno-of-the-week-ini-tanggapan-kominfo-soal-hoax-registrasi-kartu-prabayar-srvQ4hqrcY.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) mengklarifiaksi hoax yang beredar seputar registrasi kartu prabayar.

Dikatakan oleh Direktur Jenderal PPI, Ahmad Ramli, bahwa kabar tersebut tidak benar. Ia meminta masyarakat untuk mengikuti kebijakan yang berlaku dengan meregistrasikan nomor selulernya sebagaimana yang ada dalam tiap operator.

"Kami meminta masyarakat ikuti yang sudah registrasi dan tidak perlu ada kekhawatiran untuk tidak registrasi. Kedua, aturan ini untuk memberikan kepastian kenyamanan dan keamanan untuk masyarakat, tidak ada maksud lain," kata Ramli.

Ia menjamin bahwa data pelanggan berupa NIK dan nomor KK akan aman. Selain itu, diyakinkan oleh Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys, bahwa operator memilik kewajiban untuk mengamankan data pelanggannya.

Sebab, kata Merza, dalam industri mereka terikat oleh sertifikat ISO 27001 yang di dalamnya memiliki syarakat perlindungan data konsumen. Ia juga mengaku bahwa seluruh operator yang berada di bawah naungan ATSI mendukung program tersebut.

"Kami menunjukkan komitmen kita bahwa ini program nasional yang manfaatnya bukan untuk operator tapi juga untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat," kata Merza. "Program ini tidak hanya untuk kebutuhan yang aneh-aneh tapi untuk data pelanggan yang valid dan layanan seluler yang lebih baik," imbuhnya.​

Cara Registrasi Tiap Operator

Registrasi Pelanggan Baru

Untuk pengguna baru Telkomsel caranya ialah ketik SMS Reg (Spasi) NIK#No.KK#. Setelah itu pengguna bisa mengirimnya ke nomor 4444. Pengguna kartu perdana XL Axiata bisa mengetikkan Daftar#NIK#No.KK​ dan mengirim ke nomor yang sama, 4444.

Kemudian, bagi pengguna kartu perdana Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Hutchison Tri, dapat mengirim SMS berisi NIK#No.KK# dan kirim ke 4444.

Registrasi Pelanggan Lama

Bagi pelanggan lama Telkomsel cara registrasinya ialah ULANG (Spasi) NIK#No.KK#​, kirim ke 4444. Sedangkan pelanggan lama XL Axiata yakni ULANG#NIK#No.KK dan kirim ke 4444.

Terakhir, pelanggan lama Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Hutchison Tri bisa melakukan registrasi dengan cara mengetik ULANG#NIK#No.KK#. Adapun nomor yang dituju masih sama yakni 4444.​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini