Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diam-Diam Qualcomm Bakal Diakuisisi Broadcom, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Minggu 05 November 2017 00:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 04 207 1808525 diam-diam-qualcomm-bakal-diakuisisi-broadcom-benarkah-Uj3cHCACRi.jpg (Foto: Shutterstock)

CALIFORNIA – Broadcom dikabarkan tengah berdiskusi terkait akuisisi besar Qualcomm. Nilai akuisisi itu dilaporkan sekira USD80 miliar atau sekira Rp1.080 triliun.

Raksasa semikonduktor Broadcom tengah menjajaki akuisisi Qualcomm pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah itu. Jika laporan ini benar, kesepakatan itu akan menjadi akuisisi produsen semikonduktor terbesar yang pernah terjadi.

Saham Qualcomm pun diberitakan melonjak sekira 15%, sementara samaham Broadcom meningkat sekira lebih dari 3%. Menurut laporan Bloomberg, Broadcom tengah berdiskusi dengan penasehat keuangan, namun hingga saat ini belum ada keputusan final yang telah dibuat.

Broadcom sendiri kini memiliki pangsa pasar sebesar USD110 miliar, dan mengumumkan akan memindahkan kembali kantor pusatnya ke Amerika Serikat (AS), setelah selama ini beroperasi di Singapura.

Disisi lain, Qualcomm juga tengah mencoba menyelesaikan akuisisi NXP Semiconductors senilai USD47 miliar.

Ini merupakan tahun yang dingin untuk aktivitas merger dan akuisisi di 2017, meskipun aktivitas dalam semikonduktor menunjukkan beberapa konsolidasi tengah berlangsung. Akuisisi teknologi khususnya telah menurun tajam.

Volume merger dan akuisisi di AS mencapai USD117,9 miliar dalam bulan pertama 2017, turun 58% dari periode yang sama pada 2016, seperti dilaporkan Dealogic.

Meski begitu John Waldron, kepala divisi investasi perbankan di Goldman Sachs mengatakan bahwa konsolidasi perusahaan tetap akan berdampak positif bagi bisnis perusahaan. Demikian seperti dilansir Business Insider, Minggu (5/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini