Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhirnya! Intel dan AMD Jalin Kemitraan Demi Saingi Nvidia

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 16:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 09 207 1811311 akhirnya-intel-dan-amd-jalin-kemitraan-demi-saingi-nvidia-1fnGoe7mVn.jpg (Foto: TechRadar)

CALIFORNIA - Advanced Micro Devices (AMD) telah lama bersaing dengan raksasa teknologi Intel. Namun siapa sangka kini keduanya akur dan bekerjasama untuk menghasilkan chip komputer laptop yang menggunakan prosesor Intel dan grafis dari AMD.

Kemitraan kedua perusahaan itu akan berupaya untuk menghasilkan produk pesaing Nvidia.

Chip baru hasil kemitraan kedua perusahaan akan dirancang untuk laptop yang didesain berbodi tipis serta portable. Meski begitu, laptop tersebut akan tetap mumpuni bagi para gamer yang ingin bermain game secara intensif.

Laptop itu juga akan menjadi bagian dari jajaran Intel Core generasi kedelapan serta menandai kemitraan pertama Intel dengan AMD sejak tahun 1980-an, seperti dinyatakan The Wall Street Journal.

AMD sendiri diketahui mengembangkan chip Ryzen AMD yang dirancang untuk plaptop berbodi tipis yang akan dirilis akhir tahun ini. Meski begitu, AMD menyatakan bahwa chip hasil kemitraannya dengan Intel tak akan menjadi pesaing chip besutannya itu.

Pasalnya, chip barunya dengan Intel ditujukan secara khusus untuk para gamer, sementara chip Ryzen AMD tidak dirancang khusus bagi gamer meski perangkat itu tetap bisa menjalankan game.

Intel sendiri mengatakan bahwa chip itu merupakan produk pertama yang menggunakan desain bridge cerdas EMIB kecil, yang memungkinkan informasi dikirimkan dengan cepat. Brigde itu juga memungkinkan chip menjadi lebih ramping dan lebih kuat.

Chip Intel dan AMD akan menggunakan HBM2, dan bisa digunakan pada berbagai perangkat termasuk notebook, dan mini desktop. Demikian seperti dilansir The Verge, Kamis (9/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini