Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Intel 'Bajak' Petinggi AMD Raja Koduri, Kok Bisa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 09 207 1811359 waduh-intel-bajak-petinggi-amd-raja-koduri-kok-bisa-ig3JFYkI3Q.jpg (Foto: Tech Spot)

JAKARTA - Intel dan AMD tak lama ini mengumumkan sebuah kerja sama yang mengintegrasikan SoC Intel dan GPU AMD. Di hari berikutnya, sebuah keputusan mengejutkan datang dari petinggi AMD.

Senior Vice President and Chief Architect AMD, Raja Koduri memutuskan untung hengkang dari perusahaan setelah adanya pengumuman kerja sama. Namun di hari berikutnya, Intel diketahui telah merekrut Raja menjadi pemimpin divisi GPU.

Posisi Raja Koduri di Intel masih sama dengan di AMD yakni sebagai Senior Vice President yang mengelola Intel Core dan Visual Computing Group. Kepindahan Raja Koduri dari AMD juga dikonfirmasi oleh Intel melalui keterangan resminya.

Baca juga: Akhirnya! Intel dan AMD Jalin Kemitraan Demi Saingi Nvidia

"Raja adalah salah satu orang yang punya pengalaman lebih, inovasi, dan pemahaman soal grafis dan arsitektur sistem yang visioner di industri dan contoh terbaru dari talenta terbaik yang bergabung bersama Intel," tulis Intel dikutip dari Tech Spot, Kamis (9/11/2017).

"Dengan Raja sebagai pemimpin Core dan Visual Computing Group kami, kami akan menambah portofolio kemampuan yang tak tertandingi, memajukan strategi kami untuk memimpin dalam komputasi dan grafis, dan pada akhirnya menjadi kekuatan pendorong revolusi data," imbuhnya.

Baca juga: Innalillahi! Mantan CEO Intel Meninggal Dunia

Tugas yang bakal menanti Raja Koduri di Intel adalah untuk menghadirkan GPU dan teknologi komputasi yang canggih untuk keperluan internet of things (IoT). Intel tampaknya memerlukan kemampuan kecerdasan buatan untuk perangkat yang akan dibuatnya.

Saat ini Intel juga memiliki GPU bikinannya sendiri. Mereka telah mengintegrasikan grafis mereka dengan CPU di pasar low-end. Dalam hal ini, Raja Koduri juga memiliki tugas untuk memperluas jangkauan pasar menengah GPU Intel agar lebih terjangkau.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini