OPPO dan Xiaomi Susul Apple Bikin Pemindai Wajah di Smartphone?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 12 November 2017 12:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 12 57 1812670 oppo-dan-xiaomi-susul-apple-bikin-pemindai-wajah-di-smartphone-A31DYLIs69.jpg (Foto: Apple)

JAKARTA - Salah satu teknologi yang dibawakan Apple pada iPhone X ialah kemampuan pemindaian wajah yang disebut Face ID. Fitur ini berfungsi untuk menggantikan pemindaian sidik jari atau Touch ID.

Selain Apple, produsen smartphone Android asal China, OPPO dan Xiaomi, kabarnya segera menyusul. Dua vendor itu akan merilis smartphone dengan kemampuan pemindaian wajah pada 2018.

Informasi ini berasal dari situs DigiTimes yang mengutip sumber perusahaan. Pemanfaatan teknologi sensor 3D tersebut kabarnya bakal tersemat di smartphone premium masing-masing vendor. Perilisannya sendiri diprediksi berlangsung pada awal pertengahan 2018.

Baca juga: Buntuti Samsung, Oppo Ajukan Paten Smartphone Lipat

Mengutip halaman Android Headlines, Minggu (12/11/2017), teknologi yang dibawa keduanya diduga bakal dibuat oleh Himax Technologies dan Qualcomm. Sementara modulnya bakal dirakit oleh Truly Opto-Electronics.

Menyematkan teknologi sensor 3D pada masing-masing smartphone Xiaomi dan OPPO disebut bakal menjadi pembeda pasar smartphone premium di China. Tapi belum diketahui apakah hasil itu bakal mengubah keterjangkauan harga dari masing-masing pabrikan.

Di pihak Xiaomi, perusahaan ini dikatakan bakal merilis smartphone premium dengan fitur ketahanan yang mendapatkan sertifikasi IP67 atau IP68.

Baca juga: Ekspansi ke Spanyol, Xiaomi Ingin Buktikan Sebagai 'Pemain' Global

Selain Xiaomi dan OPPO, Huawei juga diduga sedang menyiapkan sensor 3D dengan Sunny Optical Technology. Tapi sayangnya, detail rencana itu masih belum terungkap lebih jauh.

Diperkirakan, pesaing Apple, Samsung juga bakal memiliki fitur yang sama. Pabrikan asal Korea Selatan ini dipercaya bakal menghadirkannya pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini