Qualcomm Susun Strategi untuk Tolak Tawaran Akuisisi Broadcom, Kenapa?

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 13:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 13 207 1813102 qualcomm-susun-strategi-untuk-tolak-tawaran-akuisisi-broadcom-kenapa-M1D5LkQBIq.jpg (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Pabrik chip Amerika Serikat (AS), Qualcomm tengah mempersiapkan penolakan tawaran Broadcom untuk mengakuisisinya. Sebagaimana diketahui, belakangan kabar akuisisi Qualcomm meruak ke publik.

Tak tanggung-tanggung, Broadcom bahkan menawarkan USD103 miliar untuk jika Qualcomm menerima tawarannya. Sayangnya Qualcomm berupaya menolak tawaran tersebut, seperti diungkap oleh empat orang sumber yang dikutip oleh Reuters.

Sumber itu mengatakan bahwa Dewan Direktur Qualcomm melakukan pertemuan pada Minggu (12/11) untuk meninjau tawaran akuisisi dan berupaya merancang strategi untuk menolaknya. Persiapan dari pertemuan itu juga menunjukkan bahwa Qualcomm siap menolak tawaran tersebut sembari menyiapkan tanggapan penuh untuk Broadcom.

Chief Executive Qualcomm, Steven Mollenkopf telah menghabiskan beberapa hari terakhir untuk meminta tanggapan dari para pemegang saham Qualcomm. Sumber menyebutkan bahwa Mollenkopf juga merasa tawaran senilai USD70 per saham, menurunkan nilai Qualcomm serta tidak memberikan kepastian harga terkait kesepakatan yang disetujui regulator.

Sementara itu CEO Broadcom Hock Tan, awal bulan ini mengatakan akan mengembalikan kantornya dari Singapura ke AS dan menyatakan bahwa dirinya terbuka untuk memulai sebuah persaingan.

Sumber mengatakan Broadcom telah mempersiapkan diri untuk menyerahkan daftar calon direktur Qualcomm dengan deadline 8 Desember mendatang. Hal ini akan memungkinkan pemegang saham Qualcomm untuk memilih atau mengganti dewan perusahaan dan mendesaknya untuk terlibat dengan Broadcom.

Broadcom juga telah mempertimbangkan kemungkinan untuk menaikkan harga penawarannya demi Qualcomm, meski tak jelas kapan Broadcom akan menempuh langkah ini. Meski kabar ini begitu mencuat ke publik, baik Qualcomm maupun Broadcom belum memberikan komentar.

Untuk diketahui, Qualcomm menyediakan chip ke jaringan operator dalam mengirimkan data broadband dan mobile. Meski kini Qualcomm tengah berseteru dengan Apple dan berupaya menutup akuisisinya atas NXP Semiconductors, Broadcom mengindikasikan tetap bersedia mengakuisisi Qualcomm. Demikian seperti dilansir Reuters, Senin (13/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini