SoftBank Kucurkan Rp13,5 Triliun ke Uber, untuk Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 13 November 2017 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 13 207 1813309 softbank-kucurkan-rp13-5-triliun-ke-uber-untuk-apa-k2PKUdlUo6.jpg (Foto: Reuters)

CALIFORNIA – Uber akhirnya menyetujui tawaran SoftBank untuk membeli saham mereka. Transaksi ini turut menjadi salah satu kesepakatan startup pribadi terbesar yang pernah terjadi.

Kesepakatan itu memungkukna SoftBank dan perusahaan lainnya menginvestasikan dana hingga USD1 miliar atau sekira Rp13,5 triliun di Uber dan melanjutkan penawaran tender dalam beberapa minggu ke depan untuk membeli saham hingga USD9 miliar dari investor yang ada. Selain itu, kesepakatan tersebut juga mencakup perubahan tata pemerintahan Uber.

“Kami telah menandatangani kesepakatan dengan sebuah konsorsium yang dipimpin oleh SoftBank dan Dragoneer mengenai investasi potensial," kata Uber dalam sebuah pernyataan.

“Kami percaya bahwa kesepakatan ini adalah suara keyakinann yang kuat terhadap potensi jangka panjang Uber. Setelah ditutup, kesepakatan ini akan membantu mendorong investasi teknologi dan ekspansi berlanjut kami di dalam dan luar negeri, sekaligus memperkuat tata kelola perusahaan kami,” terang Uber.

Ketentuan kesepakatan ini menurut sumber telah dinegosiasikan selama berminggu-minggu. Dewan Uber diinformasikan terkait persyaratan pada Sabtu dan pengacara perusahaan telah berupaya menyelesaikan ketentuan kesepakatan tersebut.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, firma modal ventura Benchmark setuju untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap Travis Kalanick yang ditahan dan menjatuhkan pengaduannya saat investasi SoftBank dan reformasi tata pemerintahan dimulai. Sumber menyebutkan Kalanick setuju untuk memberikan persetujuan mayoritas kepada dewan Uber atas kursi dewan yang ia kontrol, jika ia perlu untuk mengisi posisi itu kembali.

Pakta ini membuat Uber lebih mudah untuk mengatasi masalah besar atas serangkaian skandal yang menerpa perusahaan serta pergolakan kepemimpinan di tubuh Uber.

SoftBank sebagaimana diketahui merupakan perusahaan Jepang yang memiliki jaringan yang baik, sehingga akan mampu membantu Uber bersaing di India atau Asia Tenggara. SoftBank juga merupakan adalah investor utama di Ola dan Grab, dimana keduanya menjadi pesaing Uber di wilayah tersebut. Demikian seperti dilansir Bloomberg, Senin (13/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini