Gara-Gara Xiaomi Cs, Samsung Merugi, Kok Bisa?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 13 207 1813344 gara-gara-xiaomi-cs-samsung-merugi-kok-bisa-5HUbytY5zR.jpg (Foto: Reuters)

SEOUL – Pangsa pasar smartphone China untuk Samsung akan diperkirakan akan turun dibawah 2% pada kuartal keempat. Hal ini dinyatakan oleh Strategy Analytics yang dikutip SamMobile.

Perusahaan asal Korea Selatan itu berada di peringkat sembilan di China dengan pangsa pasar 2% pada kuartal ketiga. Sayangnya, penjualan smartphone Samsung di negeri Tirai Bambu itu diprediksi turun menjadi 1,6% pada Januari 2018.

Sebelumnya, raksasa teknologi ini sempat menjadi vendor yang mendominasi di China. Bahkan Samsung pernah mencapai puncaknya dengan pangsa pasar 20% pada tahun 2015.

Meski begitu, beberapa pesaing lokal termasuk Huawei, Oppo, Vivo dan Xiaomi, telah mengakibatkan Samsung kehilangan sejumlah pelanggannya.

“Tampaknya hampir tidak mungkin Samsung meningkatkan pasar smartphone China yang direorganisasi oleh perusahaan lokal dengan produk yang berkualitas serta harga yang terjangkau,” kata Lee Byung-Tae profesor di Kaist College of Business.

“Sejak perusahaan China yang sukses memperluas kehadiran mereka di pasar smartphone, kehadiran Samsung dan LG secara global akan jauh lebih menyusut kecuali mereka mengamankan daya saing terhadap perusahaan China,” terangnya.

Disisi lain, Samsung juga telah memangkas 20.000 pekerjaaan di China, di tengah penjualan perangkatnya yang melemah seperti dilaporkan The Herald Korea. Sebagai solusinya, Samsung telah memilih kepala unit barunya di China yang dinilai mampu mengembalikan posisi perusahaan di pasar smartphone. Demikian seperti dilansir SamMobile, Selasa (14/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini