Mantap! Bill Gates Gelontorkan Rp1,1 Miliar untuk Bangun Smart City

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 09:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 13 207 1813346 mantap-bill-gates-gelontorkan-rp1-1-miliar-untuk-bangun-smart-city-XjcSLhusyZ.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Bil Gates telah membeli gurun yang gersang senilai USD80 juta atau sekira Rp1,1 miliar di Arizona untuk membangun smart city baru. Rencana Gates ini akan diabngun di Belmont yang dirancang dengan teknologi mutakhir termasuk mobil otonom dan jaringan data berkecepatan tinggi.

Kota itu akan dibangun di atas lahan seluas 25.000 hektar di daerah terpencil di Tonopah, sekitar 50 mil (80 km) barat Phoenix. Di wilayah itu sendiri masih banyak orang yang tinggal dan menjalani kehidupannya.

Mereka meminta sebanyak 80.000 rumah dan 3.800 hektar ruang industri, kantor serta ritel. Wilayah itu sendiri akan mencakup 3.400 hektar ruang terbuka dan 470 hektar untuk sekolah umum, developer real estate Arizona, Belmont Partners yang mengembangkan proyek tersebut.

Perusahaan itu merupakan bagian dari kelompok yang dikendalikan oleh Cascade Investment LLC - sebuah perusahaan investasi yang dikelola oleh Gates. Belmont Partners mengatakan bahwa tujuannya pembangunan Gates untuk mengubah kawasan ini menjadi smart city.

Belmont akan menciptakan komunitas yang berpikiran maju dengan infrastruktur komunikasi yang mencakup teknologi mutakhir, yang dirancang di seputar jaringan digital berkecepatan tinggi, data center, teknologi manufaktur baru dan model distribusi, kendaraan otonom serta pusat logistik otonom.

Serupa dengan hamparan bidang dan populasi yang diproyeksikan ke Tempe, Arizona, Belmont akan mengubah sebuah wilayah itu menjadi kota yang dibangun dengan model infrastruktur yang fleksibel.

Jalan raya yang diusulkan akan menghubungkan Belmont ke Las Vegas. Menurut Ronald Schott, seorang ahli di Arizona Technology Council, fasilitas itu menjadikan Belmont ideal untuk sebuah kota baru.

“Bill Gates dikenal karena inovasi dan hal-hal seputar itu dan saya pikir dia memilih tempat yang tepat. Dia datang ke Arizona,” katanya kepada KPNX.

Pembangunan tahap pertama jalan tol di smart city Bill Gates ini ditargetkan selesai pada tahun depan. Beberapa rincian terkait kota baru ini juga telah terungkap namun belum diumumkan kapan konstruksinya akan dimulai. Demikian seperti dilansir Daily Mail, Selasa (13/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini