Astronot Tanam Sayuran di Luar Angkasa, Bisakah?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 00:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 13 56 1813409 astronot-tanam-sayuran-di-luar-angkasa-bisakah-94BQYSHPFg.jpg (Foto: Twitter)

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, para astronot memiliki proyek untuk menumbuhkan tanaman berbeda di luar angkasa. Beberapa waktu lalu, anggota kru di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) memasang sistem untuk mewujudkannya.

Berkebun di luar angkasa bisa bermanfaat dari sisi psikologis dan kesehatan karena bisa menjadi tambahan nutrisi untuk mereka. Tapi apakah tanaman bisa tumbuh di luar angkasa?

Melansir halaman Space, Selasa (14/11/2017), pada Jumat 27 Oktober 2017, para astronot telah memanen hasil 'bercocok tanam' mereka. Tanaman itu berasal dari eksperimen VEG-30D dalam Vegetable Production System (Veggie).

Meski demikian mereka tak sepenuhnya memotong semua sayuran yang ditanam, melainkan hanya bagian daunnya saja. Ini agar sayuran itu bisa tumbuh dan dipanen kembali.

"Joe Acaba memanen mustard Mizuna, selada hijau Waldmann dan selada merah Outredgeous Red Romaine, mereka membuat salad begitu mereka mendapat saus salad yang dikirim oleh awak kru di Kennedy Space Center di Florida," ungkap NASA.

Setelah memanen hasil berkebunnya, Acaba memasang sistem pertumbuhan tanaman baru yang disebut Advanced Plant Habitat (APH).

Mereka menamam tanaman itu dengan bantuan lampu LED berwarna merah, biru, dan hijau. Selain itu mereka juga turut memasang lampu LED putih sebagai pengganti cahaya matahari.

Agar tanaman tumbuh dengan baik, mereka juga telah menempatkan sebuah sensor yang dapat memberikan informasi mengenai suhu, oksigen, dan tingkat kelembaban. Selanjutnya, mereka memiliki proyek untuk menanam kubis, gandum dan mustard.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini